Lumbung Produktivitas-Dagang di Pekanbaru Kian Berputar

Pekanbaru, Detak Indonesia--Dua hari pasca berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Pekanbaru, Riau, lumbung-lumbung produksi pertanian di pinggiran kota dan perdagangan di pusat kota mulai berputar perlahan-lahan, Sabtu siang (30/5/2020).

PSBB pandemi corona virus disease (Covid-19) di Kota Pekanbaru berakhir Kamis 28 Mei 2020 dan mulai Jumat 29 Mei 2020 warga Kota Pekanbaru memasuki fase new normal dan new normal live/tatanan kehidupan baru. Masyarakat mulai aktif berkegiatan di luar namun tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Pakai masker,  jaga jarak, cuci tangan, dan lain-lain. 

Pembeli borongan dari Kulim Pekanbaru mulai bergerak membeli buah melon di kawasan pertanian Jalan Kartama Pekanbaru, Sabtu (30/5/2020)

Permintaan pasarpun mulai bergerak, salah satu contoh kecil adalah yang dialami petani buah melon di Jalan Kartama Marpoyan Pekanbaru, Mas Anto. Pemborong dari kedai tenda buah di Kulim datang ke lokasi pertanian hortikultura melonnya dan memborong  buah melonnya diangkut menggunakan mobil pick-up L300 Sabtu (30/5/2020).

Menurut petani melon Jalan Kartama Pekanbaru, Anto kepada Detak Indonesia di kebun melonnya, Sabtu (30/5/2020) harga melon saat ini sedang bagus Rp8.000/kg. Kalau sedang tak bagus harga melon Rp5.000/kg.

Restoran cepat saji sudah operasional di sejumlah mal dan plaza di Kota Pekanbaru, Riau Sabtu siang (30/5/2020)

"Selain orang datang ke sini ke kebun melon saya ini, ada juga saya pasok ke Indomaret. Saya pasarkan lokal Pekanbaru sekitarnya bahkan sampai Jambi, Sumbar, Sumut," kata Anto. 

Di lahan seluas 5.000 M2 melon dipanen pada usia sekitar 70 hari atau sekitar umur 3 bulan. Di kawasan Jalan Kartama Pekanbaru bagian selatan ini merupakan lumbung pertanian tanaman pangan dan hortikultura. Selain melon petani lain seperti Pak Wajid menanam jagung. Petani lain menanam sayur mayur. 

Outlet makanan-minuman cepat saji di mal dan plaza juga sudah buka di Pekanbaru Sabtu siang (30/5/2020)

Di kawasan Palas Rumbai juga di pinggiran Kota Pekanbaru bagian utara, petani bertanam pepaya, jambu merah, semangka, dan lain-lain dan dipasok ke pusat kota Pekanbaru karena permintaan mulai meningkatq. 

Di pusat Kota Pekanbaru sejumlah mal dan plaza sudah buka hampir 100 persen Sabtu siang (30/5/2020). Sejumlah gerai, outlet makanan minuman cepat saji yang sebelumnya tutup dan melayani antar jemput, kini sudah normal buka dan operasional penuh.

Pengunjung bergantian antre datang ke outlet makanan-minuman cepat saji di mal dan plaza di Pekanbaru, Sabtu siang (30/5/2020)

Pengunjung yang makan minum mulai ramai. Parkiran kendaraan mulai padat. Namun dari sebuah mal di pusat kota Pekanbaru dari pelayan KFC di dapat informasi pada Mei 2020 ini mereka buka sampai pukul 18.00 WIB. Namun mulai Juni 2020 mal dan outletnya buka sampai malam pukul 20.00 WIB. 

Masyarakat Pekanbaru yang rindu nongkrong makan-minum di mal dan plaza serta cafe-cafe kini sudah meramaikan lokasi ini. Sejumlah cafepun sudah buka dan sudah ramai pengunjung. 

Salah satu cafe di Jalan Kaharuddin Nasution Simpangtiga Pekanbaru ramai pengunjung, kendaraan berjejal di parkiran, Sabtu siang (30/5/2020)

Tak hanya gerai makanan-minuman yang buka dan ramai pengunjung di pusat Kota Pekanbaru Sabtu (30/5/2020). Konveksi dan pakaian jadi juga sudah menggelar lapak dagangannya di lantai dasar mal dan plaza, sebelumnya tutup. Pengunjung lumayan juga. 

Konveksi-pakaian jadi sudah dibuka dan meluber di lantai dasar sebuah mal di pusat Kota Pekanbaru, Sabtu siang (30/5/2020)

Belum lagi cerita malam minggu ini, tempat hiburan malam di Kota Madani Pekanbaru akan menjadi cerita kontradiksi dan menarik dikupas. Apalagi tempat hiburan malam 'dunia perkeliruan' yang banyak wanita seksinya. Wah seruuu..(tim) 


Baca Juga