Bisnis Pisang Kipas Buk Susi Kian Melejit

Pekanbaru, Detak Indonesia--Bisnis Pisang Kipas Kuantan II milik Buk Susi kian melejit 2021 kendati situasi pandemi Covid-19. 

Sosok Susi inilah perintis pertama bis nis pisang kipas di Pekanbaru Riau sejak 1991 lalu di Jalan Kuantan II Pekanbaru. Biasanya di Kota Pekanbaru, bentuk pisang goreng biasa-biasa saja. Berkat kreasi buk Susi dibuat model pisang kipas. Kini sudah 30 tahun bisnisnya kian melejit dia sudah pindah ke Jalan Kuantanraya ujung Pekanbaru, di ruko milik sendiri. Produknya kini sudah merambah dikirim sampai ke Pulau Jawa bahkan Kalimantan.

Menurut Buk Susi, 1991 lalu saat buka usaha pisang kipas pertama di Jalan Kuantan II Pekanbaru bukan dia yang menamakan pisang kipas produknya. Melainkan pelanggan yang menyebut pisang kipasnya. Karena mirip kipas.

Buk Susi

"Saya dari SMP di Kisaran Sumut sudah jualan pisang goreng. Lalu pindah ke Pekanbaru kelas 1 SMA itulah Saya buka usaha kecil-kecilan di Jalan Kuantan II Pekanbaru 1991 sampai 2021 ini," jelas Susi saat ditemui Jumat (17/7/2021).

Menurut Susi keistimewaan produk pisang goreng kipasnya karena tidak berminyak usai digoreng, renyah dan gurih. Khusus pisang kepok kuning asal Nias dan Sumbar. Nanti akan pesan kepok Bengkulu yang juga enak.

Tingkatan harga pisang goreng kipasnya yang dijual mulai dari Rp2.000/buah, Rp2.500, Rp3.000, Rp4.000, Rp5.000, sampai yang jumbo Rp7.000/buah. 

Pembeli hampir tiap hari datang ke tokonya. Bagi pemesan via telepon juga dilayani baik via ojek online, maupun pengiriman paket.

Selain pisang goreng kipas, juga diproduksi bakwan, tahu isi, godok kacang hijau, pisang goreng pretelan. Kuliner lainnya produk UMKN teman-teman Buk Susi juga banyak dijual sebagai oleh-oleh di tokok Buk Susi ini.

Salah seorang pelanggan yang sedang menikmati pisang kipas di toko ini, Pak Syafril bersama isterinya menuturkan kelebihan dan keistimewaan pisang goreng kipas ini karena tidak mengandung minyak usai digoreng. Empuk dan garing.

"Saya dulu tetangga lama dengan Buk Susi ini di Jalan Kuantan II. Sudah sering bahkan rutin terkadang sepekan sekali makan pisang goreng Buk Susi di sini," ujar Syafril.

Buk Susi sendiri bilang gurihnya pisang goreng kipasnya karena memakai minyak goreng bermutu, kompor kentucky yang harga satu paketnya sekitar Rp30 juta makanya hasil gorengannya sangat baik.

Pukul 08.00 WIB pagi karyawannya sudah mulai menggoreng pisang kipas. Sekitar pukul 12.00 atau lebih selesai menggoreng lalu dianginkan ada dibungkus sesuai pesanan, ada yang dikirim ke luar kota, ada juga pelanggan yang memesan via ojek dijemput langsung ke toko ini lalu di antar ke rumah pelanggan. Jadi sehari-hari kegiatan toko ini sangat sibuk cukup ramai bergantian pembeli datang silih berganti dan pundi-pundi rupiah Buk Susi semakin tinggi dan sejahtera bersama karyawan.(*/di)


Baca Juga