Teruna Sinulingga cs Jual-jual Nama Brigjen Tabana Bangun

Jakarta, Detak Indonesia--Informasi yang beredar di tengah-tengah masyarakat petani Desa Airhitam Kecamatan Pujud, Kabupaten Rokanhilir Riau, bahwa terkait dugaan kasus perampokan tanah di Desa Airhitam Pujud, Rohil Riau ada orang yang menjual-jual nama Brigjen Pol Drs Tabana Bangun MSi, Waka Polda Riau.

Benarkah itu ? Apakah nama Wakapolda Riau dijadikan senjata untuk melumpuhkan kekuatan hukum atau justeru hanya isu isapan jempol saja? Begitulah analisis Aktivis Gamari Pekanbaru Riau Larshen Yunus dkk.

Kepada Detak Indonesia, Larshen Yunus menjelaskan dia sudah berusaha bertemu dengan Waka Polda Riau Brigjen Pol Tabana Bangun, untuk mempertanyakan hal itu, namun diakui Larshen pihak Pak Tabana Bangun tidak meresponnya. 

Larshen Yunus adalah Kuasa dari Ny Tina dan Rudianto Sianturi dari Kantor Hukum Mediator dan Pendampingan Publik Sarya Wicaksana Pekanbaru yang kini terus mencari kebenaran hukum kasus dugaan mafia tanah di Desa Airhitam Pujud, Rohil, Riau.

Kasus dugaan perampokan tanah yang dimaksud, menurutnya telah menjatuhkan korban. Mulai dari Penghulu (Kepala Desa) Air Hitam, Zamzami hingga salah satu petani atas nama Rudianto Sianturi.

Aktivis Larshen Yunus (kanan)

"Kasus yang sebenarnya masuk ranah perdata, nyatanya "dipaksa" ke pidana. Hal itu diduga campur tangan orang nomor dua di Polda Riau, yakni Wakapolda Tabana Bangun, benarkah itu ?" jelas Yunus.

Dugaan itu telah menjadi konsumsi publik, ketika istri Rudianto Sianturi, Ny Tina kembali menceritakan ikhwal dari permasalahan yang telah menimpa suaminya.

Dikontak pada saat berada di Kota Palembang, Kamis (2/8/2021), Ny Tina menceritakan tentang kehadiran Drs Teruna Sinulingga dan Joseph Tirta Sembiring ke rumah Ny Tina, di Kampung Sawah, Kepenghuluan Kasang Bangsawan-Kecamatan Pujud, Rohil, Riau.

Bahwa pada saat itu dirinya dan suami kedatangan rombongan yang tak dikenal. Alhasil pada saat dipersilahkan duduk di ruang tamu, beberapa rombongan itu memperkenalkan diri, di antaranya Drs Teruna Sinulingga dan Joseph Tirta Sembiring.

"Saya masih ingat betul! Bahwa Pak Teruna Sinulingga itu pernah katakan, bahwa dirinya punya kenalan orang kuat di Polda Riau. Beliau katakan masih ipar sama orang nomor dua di Polda Riau, yakni Wakapolda Riau Brigjen Pol Drs Tabana Bangun MSi," ungkap Tina.

Bupati Rohil Riau Afrizal Sintong (kiri) menanggapi aneh kasus lahan sawit Rudianto Sianturi seharusnya perdata kok pidana?

Tina yang sehari-harinya berprofesi sebagai Bidan Desa juga menyesalkan, seandainya saja pada saat itu di rumahnya ada CCTV, pasti hal itu sudah disampaikannya jauh-jauh hari, sebelum masalah yang menimpa suaminya terlalu dalam seperti ini.

Hingga berita ini dimuat, banyak pihak yang menjadi penasaran, salah satunya Anggota Komisi III DPR-RI, Masinton Pasaribu SH dan Anggota Komisi IV DPR-RI, Ir Effendi Sianipar. 

Dikatakan Effendi Sianipar kepada Larshen Yunus pada saat ditemui di Rumah Aspirasinya. Bahwa apabila informasi itu benar adanya, maka selaku Wakil Rakyat dirinya akan segera bertindak. Tak ada ampun bagi pejabat yang sok jago di hadapan rakyat.

"Ingat ya, Suara Rakyat adalah Suara Tuhan. Tak boleh ada istilah beking membeking. Apapun jabatannya, kalau sudah menyangkut kepentingan rakyat, tak ada kompromi. Kami akan segera menyurati bapak Kapolri dan informasi ini tentunya akan menjadi atensi kami bersama di DPR," tutur politisi PDI-Perjuangan itu. 

Menurut Ny Tina didampingi aktivis Larshen Yunus dan Saipul N Lubis, pihaknya akan melaporkan masalah ini ke DPR RI, Kapolri, Kompolnas, Ombudsman, HAM, Presiden RI, dan lain-lain.

Sehubungan diduga Teruna Sinulingga cs menjual-jual nama Brigjen Pol Tabana Bangun, Waka Polda Riau tersebut, terpisah, Brigjen Pol Drs Tabana Bangun MSi yang dikonfirmasi DetakIndonesia.co.id Jumat (3/9/2021) via whatsapp-nya nomor 0815712xxxx tidak menanggapinya. Ditelepon juga via WAnya hingga empat kali ada kode berdering di handphonenya, namun tak diangkat Brigjen Pol Tabana Bangun, tak dijawabnya untuk minta konfirmasi/penjelasan. (*/azf)


Baca Juga