PPTSB Agar Makin Berkembang dan Berdampak Positif bagi Marga Sinaga di Manapun berada

Pekanbaru, Detak Indonesia--Perjalanan PPTSB Cabang Pekanbaru 1, dalam usianya yang sudah delapan puluh dua tahun saat ini, sangat dirasakan berbagai kemajuan yang telah dicapai. 

"Banyak yang kita banggakan dari kehadiran PPTSB bahkan di seluruh Indonesia ini. Terutama semakin meningkatnya rasa kepedulian dan rasa kepemilikan dari anggota terhadap organisasi yang didirikan  para pendahulu marga Sinaga itu," kata Op Sarah Sinaga. 

Kesatuan hati dan pikiran serta tujuan  berorganisasi adalah untuk semakin mempererat hubungan kekeluargaan di antara kita. Mulai dari mar haha anggi, na mar iboto serta hubungan kekeluargaan dari seluruh populasi keluarga Sinaga.

Hal ini menjadi modal kita ke depan untuk mencapai cita-cita luhur menuju kesejahteraan bagi seluruh anggota. 

Demikian diungkapkan Op Sarah Sinaga /Br. Simangunsong selaku orangtua maupun Penasihat PPTSB Cabang Pekanbaru 1, saat memberikan kata sambutan pada acara Muscab PPTSB yang dilaksanakan di gedung Serbaguna GKPS Jalan Arjuma Pekanbaru, Kamis (09/03/2022).

Jajaran Pengurus PPTSB Cabang Pekanbaru 1 Terpilih. 

OP Sarah mengakui, ada lompatan yang cukup jauh yang telah tercapai berkat adanya sumbangsih pikiran dan gagasan serta terobosan dari para pemuka pemuka marga Sinaga maupun boru, mulai dari pusat hingga daerah. 

Hal ini semua perlu mendapat dukungan yang kuat dari kita semua, demi tercapainya tujuan dan sasaran yang akan kita raih di masa depan.

Tentu saja hal ini menjadi acuan dan bahan pemikiran khusus bagi generasi muda PPTSB dalam menjalankan tongkat estafet kepemimpinan sebagai pengurus perkumpulan kita dimasa depan.

Dalam kesempatan ini, kita yang ada di Pekanbaru Riau saat ini, harus mendukung kemajuan PPTSB.
Kami dari jajaran Penasihat PPTSB baik dari tingkat Wilayah maupun dari tingkat Cabang mendukung sepenuhnya kebijakan pengurus untuk membawa PPTSB ke arah yang lebih baik lagi di masa datang. 

Dan atas capaian serta program kerja yang telah dibukukan oleh Pengurus Cabang Pekanbaru 1, dalam mengemban tugas sejak tahun 2018 lalu hingga saat ini, kami sangat apresiasi. 

Peserta Muscab terdiri dari utusan dari 20 sektor yang ada di Cabang Pekanbaru1, dan para undangan lainnya. 

"Selanjutnya pada kesempatan ini, kami juga sangat berharap pada pengurus PPTSB Cabang Pekanbaru 1 yang sebentar lagi akan kita pilih bersama untuk masa jabatan periode 2022 hingga 2026 mendatang, agar dapat melanjutkan program kerja yang lebih baik lagi ke depan. Sehingga PPTSB akan semakin baik dan semakin maju," pinta Op Sarah yang juga pensiunan dari penyiar RRI Pekanbaru itu.

Sementara itu, terkait format pemilihan pengurus PPTSB sesuai kesepakatan  dilakukan giliran di setiap periode.

Untuk periodesasi kali ini diberikan giliran kepada pomparan siampudan, atau si pai tolu yakni si Raja Uruk untuk menjadi Ketua 1.

Dan dari hasil musyawarah secara terpimpin tersebut menghasilkan;  
Ketua 1. Op.Vania Sinaga/Br.Aritonang,
Ketua 2. Pak Indra Sinaga/Br.Situmorang dan Ketua 3. Pak Aldo Sinaga/Br. Sianturi.

Sedangkan Sekretaris 1. Op.Arcelio Sinaga /Br.Tamba, Sekretaris 2. Ama Wilber Sinaga/Br.Butar-butar, Bendahara : Ama Brenly Situmorang/Br.Sinaga.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PPTSB Wilayah Riau, Dapot Sinaga SE/Br. Parapat mengungkapkan, kebanggaannya terhadap kepengurusan PPTSB Cabang Pekanbaru 1, yang telah bersungguh sungguh menjalankan aturan punguan.

"Kami selaku BPH PPTSB Wilayah Riau mengucapkan terimakasih dan memberikan penghargaan setinggi- tingginya kepada segenap pengurus. Sebab semua yang dilakukan itu tentu tujuannya demi kemajuan kita bersama, yakni kemajuan PPTSB secara khusus di Cabang Pekanbaru 1 dan umumnya di Wilayah Riau," kata Dapot.

Kepada pengurus baru, lanjut dia, yang juga sudah terpilih pada kesempatan ini, berharap agar nantinya dapat menjalankan roda organisasi sebagaimana aturan baku yang telah ditentukan oleh PPTSB, mulai dari pusat hingga ke daerah.

Dalam kesempatan ini, lanjut Dapot, diberitahukan bahwa PPTSB sudah memiliki badan hukum organisasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan HAM beberapa waktu lalu.
Dan pada kesempatan mendatang  akan paparkan bentuk badan hukum yang sudah dimiliki oleh PPTSB tersebut. 

Dengan demikian PPTSB  seluruh Indonesia memiliki AD/ART yang sama mulai dari pusat hingga ke sektor.

Dan nantinya juga seluruh anggota PPTSB akan memiliki data yang terpusat di database PPTSB secara nasional. Untuk itulah dalam kesempatan baik ini juga sangat diharapkan kontribusi dari seluruh anggota sektor nantinya untuk memberikan data riil keluarga untuk diserahkan kepada masing masing ketua sektor.

"Oleh ketua sektor akan menyerahkan data tersebut ke cabang secara berjenjang nantinya hingga ke pusat. Dengan demikian ke depan seluruh warga anggota PPTSB di manapun berada akan dapat diakses dan diketahui di mana keberadaannya. Berdasarkan data base kita tersebut juga akan mempermudah perencanaan maupun penyusunan program kerja organisasi di masa datang," jelas Dapot.  

Ketua PPTSB Cabang Pekanbaru1, Pak Frengky Sinaga/Br. Simbolon yang menjabat kepengurusan periode 2018-2021 dalam sambutannya mengungkapkan usulannya ke depan kepada mantan ketua cabang agar dibuatkan semacam kenangan berupa tongkat sebagai pertanda pernah menjadi pengurus kumpulan tersebut.

Walaupun nantinya akan dimulai untuk pengurus ke depan, hal itu akan menjadi kebanggaan tersendiri juga dapat memotivasi generasi muda di masa depan dalam perjalanan PPTSB.

Hal seperti itu juga menurut Pak Frengky, sudah dilakukan oleh beberapa cabang PPTSB di luar Riau. Namun demikian itu hanya bersifat usul pribadi saja. Apakah akan diterima, atau hanya sekadar wacana serahkan nantinya bagi kesepakatan bersama.

Hal lain dalam kesempatan itu juga dia ungkapkan sekelumit pengalaman selama dalam menjalankan organisasi PPTSB di Cabang Pekanbaru 1 itu. Ia mengaku dirinya kerap mendapat ucapan yang menyakitkan dari  anggota. Apalagi ucapan itu diterima saat menyerahkan bantuan terutama di masa awal musibah Covid 19 lalu.

"Banyak cercaan bahkan ungkapan yang menyakitkan. Ada juga mengatakan kepemimpinan kami dikatakan belum pas dan berbagai tudingan. Namun semua cacian dan ucapan yang tidak membangun itu, kami hapuskan dari dalam hati. Apapun yang terjadi dalam punguan kita, selama ini kami tetap tampil, termasuk dalam penggunaan dana telah kami laporkan semendetail mungkin pada saat ini. Kalaupun saat ini masih ada kosong laporan masalah uang iuran dari beberapa sektor, maka sebelum pelantikan pengurus baru nanti semua itu akan kami tuntaskan," ujar Pak Frengki menutup sambutannya.

Muscab PPTSB Cabang Pekanbaru  Rqbu 9 Maret 2022, yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna GKPS Pekanbaru, menghasilkan keputusan pengadaan Partangiangan Pesta Bona Taon 2022, yang akan dilaksanakan di Gedung Serbaguna HKBP Jalan Hang Tuah Pekanbaru. Akan dilaksanakan pada 02 Mei 2022 mendatang.

Di mana jajaran Panitia Pesta tersebut pada tahun sebelumnya sudah terpilih. Dan sebagai Ketua Panitia adalah Pak Kevin Sinaga/Br.Simanjuntak. (jos)


Baca Juga