BREAKING NEWS: Arab Saudi Taklukkan Tim Tangguh Argentina 2-1

Lusail, Detak Indonesia--Tim Singa Gurun Arab Saudi benar-benar membuat kejutan dunia dalam laga pembuka Grup C Piala Dunia 2022, saat mengalahkan tim tangguh Argentina 2-1, Selasa petang tadi (22/11/2022).

Tampil di Stadion Lusail Iconic, Argentina sempat unggul lebih dulu di awal babak pertama melalui tendangan penalti Lionel Messi. Namun Arab Saudi mampu bangkit di babak kedua dan mencetak dua gol cepat. Para penonton bareng di layar lebar di Hotel Maxone lantai 8 Kota Malang Jawa Timur yang kebetulan sedang mengikuti giat Porwanas XIII terkaget-kaget menyaksikan ketangguhan tim Arab Saudi itu.

Argentina nampak langsung melancarkan tekanan serius saat laga baru berjalan satu menit. Lionel Messi mendapatkan bola liar di kotak penalti, dan langsung melepaskan tendangan kaki kiri. Tapi bola masih bisa ditepis kiper Arab Saudi. Namun Argentina secara mengejutkan mendapatkan hadiah penalti pada menit 8, di mana pemain Argentina ditarik oleh pemain Arab Saudi di kotak terlarang.  

Messi yang jadi penentu dengan tenang menendang gol menaklukkan kiper Saudi Al Owais. Kedudukan 1-0 untuk Tim Tango Argentina. Tim Amerika Latin ini menambah keunggulan pada menit 27 melalui Lautaro Martinez. Striker Inter Milan itu lolos dari jebakan offside, dan menaklukan Al Owais dengan tendangan chip-nya.

Tapi VAR menilai posisi Martinez telah berada dalam posisi offside. Argentina beberapa kali menciptakan peluang untuk menambah keunggulan. Martinez sempat mencetak gol lagi pada menit 35. Tapi lagi-lagi sudah berada dalam posisi offside. Total, Argentina sudah mencetak tiga gol namun dianulir karena offside. Skor 1-0 pun bertahan hingga istirahat turun minum. 

Wajah Lionel Messi nampak lesu mengetahui timnya kalah 1-2 dari Arab Saudi

Kejutan di babak kedua itu mendadak datang dari Arab Saudi. Tim Singa Gurun Pasir ini menyamakan kedudukan saat babak kedua baru berjalan tiga menit. Al-Shehri mampu memanfaatkan kelengahan bek tengah Argentina, sebelum menaklukan Emiliano Martinez dengan tendangan kaki kirinya. Skor berubah jadi 1-1.

Arab Saudi kembali membuat kejutan buat dunia. Sebab lima menit kemudian Tim Saudi mampu membalikkan keadaan menjadi 2-1. Aksi individu dari Al-Dawsari diselesaikan dengan tendangan keras kaki kanan, yang tidak mampu dihalau Martinez.

Argentina berusaha mengejar ketertinggalannya dengan terus menekan Saudi. Di daerah pertahanan Saudi saat bola passing dari arah Argentina terjadi tabrakan antara kiper Saudi dengan pemainnya sendiri yang membuat cidera, pemain Saudi cidera ini ditandu keluar lapangan hijau. Tapi permainan disiplin Saudi di lini belakang membuat skuad asuhan Lionel Scaloni Argentina itu kesulitan menciptakan gol. Pelatih Argentina nampak wajahnya mengerut. Hanya satu peluang emas yang dimiliki Argentina hingga menit 80, saat Tagliafico tak sengaja membelokkan bola dari jarak dekat. Tapi gerak cepat Al Owais di menit 64 mampu menggagalkan peluang tersebut di depan gawang Saudi. 

Argentina baru mendapatkan peluang lagi lewat sundulan kepala Messi pada menit 83. Tapi lagi-lagi Al Owais mampu menyelamatkan gawangnya dengan baik. Hingga laga berakhir, skor 2-1 tetap tidak berubah.

Sebelum bertemu Argentina di Grub C Selasa (22/11/2022), pelatih Arab Saudi merasa terhomat bertemu Lionel Messi dan Timnas Argentina di Piala Dunia 2022 Qatar ini. 

Pelatih Arab Saudi asal Prancis dan mantan pemain bola, Herve Renard, menyambut antusias laga perdana di Grup C Piala Dunia 2022 melawan  Timnas Argentina. Herve Renard menyebut, suatu kehormatan baginya dan tim bisa menghadapi Lionel Messi.

Herve Renard menyebut, menghadapi tim yang diperkuat pemain sekelas Lionel Messi adalah kesempatan yang langka. Situasi inilah yang membuat Arab Saudi bersemangat untuk menghadapi  Timnas Argentina ini.

"Cristiano dan Messi adalah legenda sepak bola dan berkat mereka, sepak bola menjadi berbeda. Suatu kehormatan berada di sini dan bermain melawan mereka," kata Herve Renard seperti dilansir Fotmob.

Messi pemain yang akrab disapa La Pulga itu diketahui mengalami cedera ringan saat berlatih di Timnas Argentina.

Pelatih Herve Renard tak ingin menganggap laga melawan Timnas Argentina terlalu spesial. Menurut Herve Renard, masih ada dua laga lainnya melawan Polandia dan Meksiko yang juga harus diwaspadai.

"Ketika ada pertarungan, Anda harus seratus persen termotivasi untuk mengalahkan yang terbaik. Itulah indahnya olahraga. Dalam olahraga, selalu ada kejutan," ucap Herve Renard.

"Kami harus siap. Yang terpenting, kami harus sangat bagus pada tiga pertandingan. Tidak hanya melawan Argentina, ketiga laga sama pentingnya," ujar Herve Renard.

Pelatih Herve Renard juga mengakui timnya tidak diunggulkan pada babak penyisihan grup Piala Dunia 2022. Predikat itu dianggap Herve Renard bisa menjadi keuntungan buat Arab Saudi.

"Kami sudah ketika mereka melupakan kami. Kami suka ini, mereka menganggap tim kami terkecil. Tidak masalah bagi kami," ucap Herve Renard.

"Itu dibenarkan jika kami mengacu pada perhitungan ranking FIFA. Saya tidak berpikir kami akan melaju ke babak berikutnya, akan tetapi kami di sini untuk melawan prakiraan itu. Di Piala Dunia, ada kejutan dan itulah mentalitas yang kami miliki," tegas Herve Renard. (*/di)


Baca Juga