Tabrak Kayu, Sebabkan Kapal di Inhil Terbalik 11 Tewas

Tembilahan, Detak Indonesia-- Sesuai info dari Kapolres Inhil berdasarkan hasil keterangan dari para saksi-saksi, kronologis kejadian terbaliknya kapal SB EVELYN CALISCA 01, Kamis 27 April 2023 sekira pukul 10.40 WIB kapal SB EVELYN CALISCA 01 berangkat dari Pelabuhan Pelindo Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir Riau dengan tujuan Tanjung Pinang Provinsi Kepri.

SB EVELYN CALISCA 01 sesuai Surat Persetujuan Berlayar (SPB) yang dikeluarkan oleh Syahbandar Tembilahan dinahkodai oleh SAHRAN dan lima orang ABK dengan membawa penumpang sesuai dengan daftar manifest Tembilahan sebanyak 51 orang penumpang dengan rincian penumpang dewasa 45 orang dan penumpang anak-anak enam orang.

Sekira pukul 13.10 WIB SB EVELYN CALISCA sandar di Pelabuhan Sei Guntung Kecamatan Kateman dan menaikkan penumpang sebanyak enam orang. Setelah itu SB EVELYN CALISCA melanjutkan perjalanan dari Pelabuhan Sei Guntung Kecamatan Kateman yang dinakhodai oleh Acok dikarenakan Sahran ingin istirahat sebentar makan siang. Setelah 15 menit lepas tali dari Pelabuhan Sei Guntung Kecamatan Kateman sekira pukul 13.25 WIB di perairan Desa Air Tawar Kecamatan Kateman SB EVELYN CALISCA 01 menabrak kayu yang sedang mengapung sehingga mengakibatkan SB EVELYN CALISCA 01 terbalik, 11 penumpang tenggelam dan tewas.

 

Kapolda Riau Tinjau Langsung Laka Laut di Inhil

Pasca terjadi laka laut, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal beserta jajaran dan rombongan meninjau RSUD Raja Musa Sungai Guntung di Jalan Tunas Harapan, Kelurahan Tagaraja, Kecamatan Kateman meninjau korban laka laut yang terjadi Kamis 27 April 2023 sekira pukul 13.30 WIB terhadap SB EVELYN CALISCA 01 di perairan Desa Air Tawar Kecamatan Kateman.

Selain itu, Kapolda Riau juga menuju Wisma Amelia sebagai Posko Musibah Laka Laut SB EVELYN CALISCA 01. Dalam kesempatan ini Kapolda Riau dan rombongan secara simbolis memberikan bantuan kepada korban laka laut sebagai ungkapan ikut berduka cita atas musibah tersebut.

Tak lupa, Kapolda Riau meninjau Pelabuhan Syahbandar sebagai pelabuhan posko pencarian korban yang diduga masih belum ditemukan (dalam pencarian oleh tim gabungan), sekaligus meninjau  SB Evelyn Calischa 01 yang mengalami laka laut tersebut.

 

"Saya dan Pak Danrem 031/WB beserta jajarannya ikut berbelasungkawa kepada korban terlebih yang meninggal dunia innalillahi rojiun yang kedua kami beserta jajaran mendoakan semoga korban khusnul khatimah dan kepada yang masih dirawat sehat walafiat," ucap Kapolda Riau.

Lanjutnya, kedatangannya selain itu untuk meyakinkan kinerja kepemimpinan stakeholder yang lainnya bekerja maksimal untuk melakukan upaya-upaya dalam mengevakuasi korban dan juga mengantar korban baik yang meninggal dunia maupun yang masih selamat.

Kapolda Riau juga menyempatkan untuk berdialog langsung kepada para korban yang masih dirawat.

 

"Kami berkesempatan juga berdoa di kamar mayat orang tuanya Abah tadi di sela-selanya berduka tadi dan rasa empati itu yang kami lakukan, kami yakinkan maksimal jangan sampai nanti keluarga yang sakit," harap Kapolda.

"Ini menjadi pelajaran buat kita bahwa keselamatan yang utama juga yang terakhir saya dan tim akan melakukan proses penyidikan apabila ada unsur perbuatan yang melanggar hukum atau unsur kelalaian dengan sengaja kami akan proses ada beberapa awak kapal ada itu ABK, nahkoda yang sudah kita amankan saat ini kami akan melakukan pemeriksaan yang lebih dalam untuk melakukan proses yang lebih lanjut," tegas Kapolda Riau.

Danrem 031/WB menjelaskan agar dinas terkait untuk membantu percepatan pesan kepada masyarakat bahwa selalu patuh dan taat kepada peraturan pemerintah dan instansi yang terkait atas keselamatan.

 

"Kami sendiri, TNI memberikan penekanan ulang terhadap prosedur dan meyakinkan bahwa apa yang dioperasionalkan yang apa disampaikan Kapolda akan sama-sama kita hentikan karena kalau tidak dampaknya sangat besar," jelas Danrem 031/Wira Bima Riau yang baru Kolonel (Inf) Dany Rakca Andalasawan.

Kapolda Riau berserta rombongan menuju Wisma Amelia sebagai Posko Musibah Laka Laut SB EVELYN CALISCA 01, dalam kesempatan ini Kapolda Riau dan rombongan secara simbolis memberikan bantuan kepada korban Laka Laut sebagai ungkapan ikut berduka cita atas musibah tersebut.

Rombongan Kapolda Riau juga meninjau Pelabuhan Syahbandar sebagai Pelabuhan posko pencarian korban yang diduga masih belum ditemukan (dalam pencarian oleh tim gabungan), sekaligus meninjau  SB Evelyn Calischa 01 yang mengalami laka laut tersebut sebelum bertolak kembali ke Pekanbaru. (azf)


Baca Juga