Galeri Foto

Pariwisata Siak Semakin Menggeliat

Siak Sri Indrapura, Detak Indonesia--Pemerintahan Kabupaten Siak terus memperlihatkan keseriusan dalam meningkatkan PAD melalui sektor pariwisata. Kabupaten Siak sendiri dikenal dengan kejayaan Kerajaan Siak nya tempo dulu dan kini peninggalan sejarahnya termashur yang dikenal dengan Istana Siak.

Kabupaten Siak terus berbenah. Berbagai usaha pariwisata ditingkatkan guna meningkatkan kunjungan para wisatawan lokal, wisatawan nusantara, maupun wisatawan mancanegara.

Kabupaten Siak merupakan salah satu destinasi Wisata yang ada di Provinsi Riau. Kini, berbagai macam tawaran disajikan wisata Kabupaten Siak, pilihan wisata yang akan dikunjungi para wisatawanpun sangat mudah dijangkau. Selama ini Siak terkenal sebagai kabupaten penghasil minyak sawit dan minyak bumi.

Dengan berjalannya waktu, Kabupaten Siak kini memiliki banyak tempat wisata yang bernuansa budaya, alam, sejarah, religi maupun kuliner yang tak kalah dengan wisata daerah lainnya yang ada di Indonesia. 

Selain menampilkan wisata dengan alam yang berkonsep modern. Wisata Kabupaten Siak tetap kokoh dengan memegang Kota Kabupaten Melayu yang Religius. Tersedia rumah ibadah ada Masjid Peninggalan Sultan Siak tempat anda beribadah bila datang ke Kota Siak yakni Masjid Sahabuddin yang dicat kuning, ada klenteng tertua di Siak, dan gereja. Mau lihat kapal Kato di belakang istana,  bisa,  yaitu kapal milik Raja Siak tempo dulu yang digunakan Raja untuk patroli di pedalaman Sungai Siak mengunjungi rakyatnya. 

Saat perjalanan awak media Detak Indonesia menelusuri lokasi wisata yang ada di Kabupaten Siak, selain menampilkan keasrian lansekap kota nan sejuk dan bersih, kota ini banyak dipuji akan penghijauan dan tata kotanya yang terencana dengan baik. 

Jarak tempuh menuju Kota Wisata Kabupaten Siak dan Kota Provinsi Riau sangat dekat, dan hanya butuh waktu dua jam saja, para sisatawan bisa menikmati keindahan dan keelokan Kota Wisata Kabupaten Siak.

Plt Bupati Siak Drs H Elfedri MSi mengungkapkan, Siak saat ini terus bergerak membangun di segala bidang. Apalagi pariwisata yang akan menjadi primadona PAD Siak selain migas yang mulai minus,  maka Kabupaten Siak mencari terobosan lain yang menjanjikan yakni pariwisata. 

Bukti seriusnya Kabupaten Siak mengembangkan pariwisata daerahnya, baru-baru ini Plt Bupati Siak Alfedri membuka iven sepak bola sawah Agrowisata Bungaraya berlangsung di persawahan Kampung Bungaraya, Kabupaten Siak,  Riau, Minggu (8/4/2018). 

Iven ini salah satu daya tarik untuk mengundang wisatawan datang ke Siak sebagai Negeri Istana. Kegiatan itu sekaligus mengukuhkan 10 kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Di mana kegiatan ini merupakan lanjutan dari launching perdana yang telah dilakukan Januari 2018 lalu oleh Bupati Siak dengan melaksanakan fine bike agrowisata. Selain itu Siak Bermadah tetap digelar setiap tahun.(adifa)


 

Taman Tepian Bandar Sungai Jantan di Kota Siak Sri Indrapura, Riau taman tempat rekreasi warga kota Siak dan wisatawan

Istana Siak di Kota Siak Sri Indrapura

Gedung Daerah Siak Sri Indrapura

Masjid Sahabuddin Sultan Siak di Kota Siak Sri Indrapura tempat wisatawan muslim beribadah jika berkunjung ke Kota Siak Sri Indrapura, Riau.

Taman Air Mancur Menari-nari di Kota Siak Sri Indrapura, Riau nampak indah memesona di malam hari sebagai daya tarik bagi wisatawan

Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah di Kota Siak Sri Indrapura, Riau terhampar di atas Sungai Siak

Istana Siak di Kota Siak Sri Indrapura dilihat dari atas (Bird Eye View) nampak lansekap kawasannya begitu indah dan simetris

Kapal Kato di belakang halaman Istana Siak, di Kota Siak Sri Indrapura, Riau adalah kapal peninggalan Raja Siak yang dulunya digunakan Raja untuk patroli mengunjungi rakyat dan kampung di pedalaman Sungai Siak di wilayah kekuasaannya.

Festival "Siak Bermadah" tetap digelar setiap tahun di Istana Siak sebagai iven budaya untuk menarik kunjungan wisatawan ke Siak Sri Indrapura

Danau Zamrud di Kabupaten Siak, Provinsi Riau kawasan yang asri dan nature dengan lansekap yang indah salah satu objek wisata yang rutin dikunjungi wisatawan