RAMADAN 1445 H

Tradisi Langka Makan Berjambar Buka Puasa bersama di Pekanbaru

Di Baca : 6126 Kali
Buka puasa bersama makan berjambar bersama di Masjid Abu Darda' Jalan HR Soebrantas Km 11,5 Panam Pekanbaru, Selasa (12/3/2024). (azf)

Pekanbaru, Detak Indonesia--Ada yang langka dan amat jarang ditemukan di Pulau Sumatera. Namun ditemukan tradisi ini di Kota Pekanbaru.

Yakni makan berjambar saat buka puasa bersama. Tradisi setahun sekali ini dilaksanakan saat tiba bulan suci Ramadan. Tempat ibadah terbesar di kawasan Panam Jalan HR Soebrantas Km 11,5 Pekanbaru ini adalah Masjid Abu Darda' yang berlokasi di belakang Kantor Camat Binawidya Panam Pekanbaru.

Di masjid inilah setiap datang bulan suci Ramadan buka puasa dilaksanakan makan berjambar buka puasa bersama yang ramai dihadiri kaum musafir, atau tamu-tamu umum lainnya secara gratis.

Kaum musafir, tamu-tamu umum duduk bersila berempat diawali hidangan teh manis panas, kurma, dan tempe goreng mendoan sebagai makanan minuman pembuka puasa. Usai ini dilaksanakan sholat Maghrib berjamaah.

Setelah selesai melaksanakan sholat Maghrib berjamaah, jamaah kembali duduk bersila di teras masjid untuk makan nasi lauk pauk dan sayur. Jumlahnya empat jamaah saling duduk bersila berhadapan lalu oleh penghidang dihidangkan jambar berisi nasi dan lauk-pauk, sayuran dimakan bersama-sama.

Setelah itu dilaksanakan sholat Isya berjamaah. Setelah selesai Isya, rehat sejenak sekira 10 sampai 15 menit dilanjutkan dengan sholat tarawih dan witir berjamaah.

Beribadah malam hari di masjid ini selama Ramadan terasa seperti di timur tengah. Di sela-sela rehat sholat tarawih bisa buka kitab suci Alquran, baca buku-buku agama, dan baca buku hadist yang tersedia di dalam masjid. Kemudian lanjut lagi sholat tarawih.

Tradisi ini sudah bertahun-tahun dilaksanakan di rumah ibadah ini setiap bulan Ramadan tiba makan-minum gratis ini dilaksanakan oleh pemilik masjid yang dermawan.

Menariknya di masjid ini juga dibuka sekolah tahfizh Alquran untuk kaum remaja. Santri-santri jumlahnya ratusan, mereka hapal Alquran bergabung sholat tarawih dengan masyarakat umum di kawasan Panam Pekanbaru.

Demikianlah tradisi unik dan langka di Pulau Sumatera terdapat di Masjid Abu Darda' di kawasan Jalan HR Soebrantas Panam Km 11,5 Pekanbaru, Riau. (azf)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar