Banjir Longsor Sumbar 1.051 rumah rusak berat, 725 rumah rusak sedang,1.661 rumah rusak ringan

Hari Kesepuluh Pencarian, Total Korban Bansor Pesisir Selatan menjadi 25 Orang

Di Baca : 690 Kali
Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Jarwansyah memimpin Rakor Pendataan Rumah Rusak Terdampak Banjir Longsor Sumbar di kantor BPBD Provinsi Sumbar Sabtu (16/3/2024). Personel BPBD Kabupaten Pesisir Selatan mendistribusikan bantuan logistik ke wilayah terdampak banjir dan longsor di Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar Sabtu (16/3/2024). (Dok. BNPB dan BPBD Kabupaten Pesisir Selatan)

Pesisir Selatan, Detak Indonesia -- Memasuki hari kesepuluh pencarian korban banjir dan longsor, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan mencatat total jumlah korban yang ditemukan meninggal dunia per Sabtu (16/3/2024) sebanyak 25 orang. Korban ke-25 yang ditemukan adalah AZ, anak perempuan berusia lima tahun, warga Nagari Gantiang Mudiak Utara, Kecamatan Sutera.

Empat orang lainnya masih dinyatakan hilang dan dalam pencarian.

Menurut keterangan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Pesisir Selatan Defrisiswardi, operasi pencarian dan penyelamatan telah melalui hari terakhir perpanjangan masa operasi selama tiga hari. Terkait pencarian empat orang yang masih dilaporkan hilang, selanjutnya akan dibicarakan dengan keluarga korban dan pimpinan daerah.

Dengan penambahan korban yang ditemukan di Pesisir Selatan ini, maka total korban banjir dan longsor di wilayah Sumatra Barat mencapai 28 korban meninggal dunia terdiri dari 25 orang warga Kabupaten Pesisir Selatan dan tiga orang warga Kabupaten Padang Pariaman serta korban hilang sebanyak empat orang.

BNPB Dampingi Proses Pendataan Kerusakan Infrastruktur

Sementara proses pencarian dan penyelamatan korban hilang di Pesisir Selatan masih dilaksanakan oleh tim gabungan, Basarnas, dan para relawan, proses pendataan kerusakan infrastruktur dan rumah warga terdampak juga dilaksanakan beriringan.

Hal ini sesuai dengan arahan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto SSos MM dalam Rapat Koordinasi dan Evaluasi Penanganan Banjir dan Longsor Provinsi Sumatra Barat di Kantor Gubernur Sumatra Barat, Kota Padang, Senin lalu (11/3/2024).






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar