Drainase yang tertutup lumpur menjadi salah satu penyebab terhambatnya air mengalir

Banjir Landa Tiga Distrik di Kabupaten Jayapura

Di Baca : 504 Kali
Kondisi rumah warga yang terdampak banjir di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua pada Rabu (20/3/2024). (Sumber foto: BPBD Kabupaten Jayapura)

Jayapura, Detak Indonesia – Hujan dengan intensitas tinggi sebabkan banjir pada tiga distrik di Kabupaten Jayapura, Provinsi Jayapura pada Selasa malam (19/3/2024) waktu setempat. Drainase yang tertutup lumpur menjadi salah satu penyebab terhambatnya air mengalir sehingga membuat air meluap ke permukiman.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari PhD melaporkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Kabupaten Jayapura melaporkan pada Rabu (20/3/2024) pukul 10.12 WIB, tiga distrik terdampak antara lain Distrik Sentani, Sentani Timur dan Unurumguay.

Peristiwa tersebut sebabkan 158 unit rumah dan sekitar 101 kepala keluarga terdampak. Selain itu dilaporkan terdapat sebagian warga memilih mengungsi ke rumah kerabat yang lebih aman. Kondisi terkini banjir mulai surut di beberapa titik.

Tim Gabungan bersama warga lakukan pembersihan material pascabanjir di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua pada Rabu (20/3/2024). (Sumber foto: BPBD Kabupaten Jayapura)

Aktivitas warga terganggu pasca kejadian itu, satu sekolah yang tergenang banjir hari ini kegiatan belajar mengajar diliburkan, satu jembatan di Distrik Unurumguay terputus sehingga akses jalan terputus.

BPBD Kabupaten Jayapura dan tim gabungan telah melakukan upaya penanganan darurat seperti, pendataan dan monitoring di tempat terdampak dikarenakan masih berpotensinya turun hujan, serta melakukan pembersihan material banjir.

BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi banjir di wilayah permukiman, yaitu dengan rutin membersihkan aliran air maupun drainase agar ketika terjadi hujan deras, air dapat mengalir dengan baik dan tidak meluap ke permukiman warga. (rls/di)

 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar