kerusakan terbesar berada di Kabupaten Gresik, Provinsi Jatim

Lebih dari 700 Rumah Warga Rusak Berat Akibat Gempa M6,5 Jatim

Di Baca : 935 Kali
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto SSos MM (kemeja dan rompi cokelat) saat meninjau Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur pada Ahad (24/3/2024). (Dok. BNPB)

Gresik, Detak Indonesia – Gempa dengan magnitudo (M)6,5 yang terjadi pada Jumat pekan lalu (22/3/2024) berdampak pada kerusakan bangunan. Kerusakan menyasar rumah warga dan gedung fasiltias publik di beberapa wilayah di Provinsi Jawa Timur (Jatim). Ribuan tempat tinggal masyarakat mengalami kerusakan ringan hingga berat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim merilis per hari Senin (25/3/2024), pukul 06.00 WIB, total rumah rusak berjumlah 4.679 unit. Rincian berdasarkan Tingkat kerusakan sebagai berikut rumah rusak berat (RB) 774 unit, rusak sedang (RS) 1.332 dan rusak ringan (RR) 2.573. Dari total jumlah tersebut, kerusakan terbesar berada di Kabupaten Gresik, Provinsi Jatim.

Berikut ini rincian kerusakan rumah warga di kabupaten tersebut, rumah RB 772 unit, RS 1.330 dan RR 2.554. Sedangkan kerusakan lain terjadi di Kabupaten Tuban, Lamongan, Sidorajo, Pamekasan dan Kota Surabaya.

Selain bangunan tempat tinggal, bencana geologi ini juga mengakibatkan kerusakan pada bangunan fasilitas publik, seperti tempat ibadah, sekolah, kantor dan rumah sakit.

Total kerusakan pada bangunan fasilitas publik yaitu tempat ibadah 183 unit, sekolah 91, kantor 24 dan rumah sakit 5. Kerusakan terbesar untuk fasilitas publik tersebut berada di Kabupaten Gresik, dengan rincian sebagai berikut tempat ibadah 181 unit, sekolah 88, kantor 19 dan rumah sakit 1. BPBD masih melakukan asesmen tingkat kerusakan pada fasilitas tersebut.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencan (BNPB) Letjen TNI Suharyanto SSos MM (kemeja dan rompi cokelat) berdiskusi dengan warga terdampak gempa di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur pada Ahad  (24/3/2024). (Dok. BNPB)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar