Homeyo Papua Aman

Koops Habema Gelar Papua Pintar di Sekolah Lapangan Pogapa

Di Baca : 183 Kali
Setelah situasi aman pasca pengungsian yang berakhir pada 18 Mei 2024 lalu, warga masyarakat Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, Papua kembali beraktivitas secara normal dalam situasi keamanan yang jauh kondusif. (Dok.Pen KOOPS HABEMA)

Papua, Detak Indonesia–Setelah situasi aman pasca pengungsian yang berakhir pada 18 Mei 2024 yang lalu, warga masyarakat Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, Papua kembali beraktivitas secara normal dalam situasi keamanan yang jauh kondusif. Komando Operasi TNI atau Koops TNI Habema yang telah menempatkan Aparat Satuan Tugas Teritorial atau Satgaster Kodim Persiapan Intan Jaya di lokasi, terus berusaha membantu kesulitan masyarakat Homeyo, khususnya dalam pelayanan dasar kebutuhan masyarakat, termasuk di dalamnya sarana pendidikan bagi anak-anak.

Awalnya, sebelum terjadi aksi pembakaran oleh Organisasi Papua Merdeka atau OPM terhadap bangunan SDN Inpres Pogapa, Distrik Homeyo, pada Rabu lalu (1/5/2024), anak-anak warga Homeyo dan sekitarnya menjalankan proses belajar mengajar di bangunan sekolah tersebut. Akibat aksi pembakaran oleh OPM tersebut, kini bangunan fisik SD Negeri Inpres Pogapa telah rata dengan tanah, dan tersisa puing-puing material bangunan. Kondisi ini tentunya menyulitkan anak-anak dan para guru untuk menjalankan proses pembelajaran kurikulum pendidikan sekolah. Guna mengatasi kesulitan tersebut, Satgaster Koops Habema telah mengajak para warga untuk bergotong royong membersihkan puing-puing bangunan sekolah, serta mendirikan Tenda TNI sebagai Sekolah Lapangan di lahan bekas bangunan SDN Inpres Pogapa yang dibakar oleh OPM.

Lebih lanjut, pada Senin, 10 Juni 2024, pagi hari Satgaster Koops Habema pimpinan Kolonel Arm Stefie Jantje Nuhujanan menggelar program “PAPUA PINTAR” di Sekolah Lapangan Homeyo, dengan melibatkan anak-anak warga Homeyo, yang didampingi para orang tua, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, serta Pegawai Distrik. Program PAPUA PINTAR kali ini digelar dengan beberapa kegiatan, meliputi pembagian seragam dan buku sekolah, serta kegiatan pembelajaran dan permainan oleh para Prajurit Satgaster Koops Habema.

"Situasi aman Distrik Homeyo telah membangkitkan semangat masyarakat untuk menyongsong masa depan yang lebih baik, di antaranya aktivitas pendidikan anak-anak di Sekolah Lapangan yang diinisiasi oleh Koops Habema melalui Program PAPUA PINTAR. Hal ini merupakan salah satu perwujudan upaya Koops Habema memberikan pelayanan dasar bagi masyarakat Papua guna percepatan pembangunan di wilayah Papua," ucap Panglima Kogabwilhan III, Letjen TNI Richard TH Tampubolon, pasca menerima laporan dimulainya kegiatan pendidikan Sekolah Lapangan di Homeyo. (*/di)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar