HUJAN LEBAT  LAUT PASANG

Banjir Landa Bangka Barat-Bangka Tengah

Di Baca : 3628 Kali
Banjir akibat hujan deras dan laut meluap melanda Kabupaten Bangka Barat dan Bangka Tengah Provinsi Bangka Belitung, Minggu (11/3/2018). (Foto Humas BNPB)

Bangka,  Detak Indonesia--Hujan lebat bersamaan dengan laut pasang menyebabkan debit sungai dan aliran permukaan tidak dapat mengalir sehingga menimbulkan banjir melanda beberapa wilayah di Kabupaten Bangka Barat dan Bangka Tengah Provinsi Bangka Belitung pada Minggu 11 Maret 2018 pukul 02:30 WIB. Ratusan rumah terendam banjir dan menyebabkan kerusakan infrastruktur.

Menurut informasi Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho Minggu (11/3/2018), lokasi banjir meliputi di Provinsi Bangka Belitung, Kabupaten Bangka Barat, Kecamatan Muntok, Desa Air Putih, Kelurahan Sungai Daeng, Kelurahan Tanjung, Kelurahan Belo Laut, dan Kelurahan Sungai Baru.

Dampak dari banjir di Kelurahan Sungai Daeng sebanyak 34 KK/ 104 jiwa terdampak, di Kelurahan Tanjung sebanyak 511 KK/2.044 jiwa terdampak, Kelurahan Sungai Baru sebanyak 7 KK/9 jiwa terdampak, Kelurahan Belo Laut sebanyak 350 KK/937 jiwa terdampak.

Kerugian materil dua unit jembatan rusak, satu unit jembatan putus, empat titik jalan umum putus/rusak. Tinggi banjir mencapai 1 – 2 meter .

Kronologis kejadian banjir ini bermula ketika hujan dengan intensitas tinggi disertai air laut sedang pasang melanda kawasan tersebut.

Upaya yang dilakukan BPBD Kabupaten Bangka Barat saat ini telah stand by di lokasi kejadian guna melakukan pendataan serta membuat jembatan darurat dengan batang kelapa.

Dinas Kesehatan setempat telah mendirikan Pos Kesehatan. Dinsos telah mendirikan dapur umum.

Kondisi mutakhir saat ini Minggu, 11 Maret 2018 pukul 10. 00 WIB air sudah surut.

Sedangkan banjir di Kabupaten Bangka Tengah terjadi Minggu, 11 Maret 2018 pukul 00.20 WIB

di Provinsi Bangka Belitung yakni di Kabupaten Bangka Tengah, Kecamatan Nibung, Desa Nibung.

Dampak banjir masih dalam pendataan. Kerugian materil satu unit jembatan rusak berat,

sembilan unit rumah terendam dengan tinggi banjir mencapai 50 – 100 cm.

Kronologis banjir di Bangka Tengah diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi disertai air laut pasang.

Upaya BPBD setempat telah ke lokasi kejadian guna melakukan pendataan serta perbaikan jembatan. Kondisi mutakhir  saat ini Minggu (11/3/2018) pukul 14.00 WIB air sudah mulai surut.(*/rls) 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar