KESEHATAN

Kurangi Karbohidrat Terbukti Bisa Tunda Menopause

Di Baca : 1952 Kali
Ilustrasi, foto:Net

Jakarta,Detak Indonesia - Banyak yang sudah menerapkan diet rendah karbohidrat atau bahkan memangkas habis karbohidrat dalam menu makannya sehari-hari. Ternyata berdasarkan penelitian, mengurangi asupan karbohidrat bisa mengurangi risiko menopause dini bagi wanita.

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Epidemiology and Community Health ini meneliti 14 ribu orang di Inggris. Pada orang-orang yang selalu makan karbo rata-rata mengalami menopause lima tahun lebih awal dibandingkan orang yang lebih banyak mengonsumsi ikan dan kacang-kacangan. Pada penelitian ini, lebih dari 900 orang mengalami menopause dini.

"Penelitian ini adalah yang pertama untuk menyelidiki hubungan antara nutrisi individu dan berbagai kelompok makanan dengan usia menopause dalam kelompok besar wanita Inggris," ujar penulis utama, Yashvee Dunneram dari Fakultas Ilmu dan Gizi Makanan di Universitas Leeds seperti dikutip dari New York Post, Jumat (4/5/2018).

Makan ikan berminyak sehat seperti salmon, serta makan kacang-kacangan juga ditemukan bisa menunda menopause lebih dari tiga tahun, berkat tingkat antioksidan yang tinggi.

Tetapi lonjakan insulin yang dipicu oleh konsumsi karbohidrat olahan seperti nasi, roti, atau pasta diyakini mempercepat periode wanita dan menopause dini.

 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar