TINGGI KOLOM ABU VULKANIK 7.000 METER

Gunung Soputan Erupsi !

Di Baca : 1374 Kali
Gunung Soputan di Sulawesi Utara erupsi dengan tinggi kolom abu vulkanik 7.000 meter, Minggu pagi (16/12/2018) pukul 07.43 WITA. ( Foto Humas BNPB)

Manado, Detak Indonesia--Minggu pagi 16 Desember 2018 pukul 07:43 WITA tadi, terjadi letusan Gunung Soputan dengan tinggi kolom abu vulkanik sekitar 7.000 meter dari puncak, tekanan sedang - kuat, kolom letusan kelabu tebal, tertiup angin ke arah Barat daya.

Pukul 08:57 WITA terjadi letusan, dengan tinggi kolom abu vulkanik ± 7.500 meter di atas puncak (± 9.309 meter di atas permukaan laut). Kolom abu vulkanik kelabu - hitam, tebal, tertiup angin condong ke arah Selatan - Barat daya. Lama gempa erupsi ± 30 menit.

Menurut keterangan Kasi Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, aktivitas kegempaan Gunung Soputan di Sulawesi Utara itu masih tinggi dan masih tremor letusan terus berlangsung.

Kesimpulan : Aktivitas vulkanik Gunung Soputan berada pada Status Level III (Siaga).

Rekomendasi: 
(1) Guna menghindari ancaman bahaya leleran lava dan awan panas guguran, masyarakat agar tidak beraktivitas di dalam radius 4 km dari puncak Gunung Soputan dan tidak beraktivitas dalam wilayah sektor arah Barat-Baratdaya sejauh 6.5 km yang merupakan daerah bukaan kawah. 

(2) Mewaspadai terjadinya ancaman aliran lahar hujan, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng Gunung Soputan, seperti S. Ranowangko, S. Lawian,  S. Popang dan Londola Kelewahu.

(3) Jika terjadi hujan abu, masyarakat dianjurkan menggunakan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi terhadap gangguan saluran pernapasan.(*/di)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar