Masuk Sekolah

#Cari_Aman Lagi! Capella Honda Edukasi Safety Riding"

Di Baca : 3282 Kali
SMKN 2 Tembilahan, Riau bekerja sama dengan safety riding PT Capella Dinamik Nusantara mengadakan edukasi safety riding untuk siswa-siswi kelas Xl yang baru masuk sekolah setelah libur di  awal tahun 2019. 

Tembilahan, Detak Indonesia--SMKN 2 Tembilahan, Riau bekerja sama dengan safety riding PT Capella Dinamik Nusantara mengadakan edukasi safety riding untuk siswa-siswi kelas Xl yang baru masuk sekolah setelah libur di 
awal tahun 2019. 

Dengan mengusung tema acara "Masuk sekolah, #cari_aman lagi", para peserta diberikan 
pengetahuan tentang bagaimana cara #cari_aman saat di jalan raya mulai dari persiapan hingga 
perlengkapan berkendara.

Acara dibuka dengan kata sambutan dari kepala sekolah, Bapak Sufriadi selaku Kepala Sekolah SMKN 2 Tembilahan, Riau. 

"Terima kasih kepada tim Safety Riding Honda dan Capella Honda Tembilahan yang telah datang ke SMKN 1 Tembilahan untuk melakukan giat edukasi safety riding. Kegiatan ini bermanfaat bagi siswa-siswi terutama di jalan raya. Kami harapkan peserta yang mengikuti kegiatan ini aktif bertanya dan mengikuti acara dengan baik hingga acara selesai. Lapangan pekerjaan di otomotif sangat berpeluang di daerah Tembilahan. Diharapkan anak-anak selain mendapatkan ilmu dari sekolah, dengan edukasi ini bisa menjadikan bekal tambahan berupa K3 untuk terjun ke dunia kerja setelah lulus dari sekolah nantinya. Harapan kami ke depannya acara ini terus dilaksanakan secara berkesinambungan dan menjadi program tahunan bagi kami terkait edukasi safety riding," disampaikan oleh beliau pada saat membuka acara. 

Kemudian acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Pimpinan Dealer Capella Tembilahan, Bapak Danil.

"Di Inhil penjualan sepeda motor sudah mencapai 11.400 unit di tahun 2018. Dengan 9.986-nya adalah merk Honda. Tentunya angka ini menjadi tanggung jawab kami selaku salah satu produsen sepeda motor untuk aktif dalam giat edukasi keselamatan berkendara di masyarakat. Etika saat berkendara di jalan raya  sangat penting. Pentingnya budaya berkendara yang #cari_aman dapat menekan angka kecelakaan yang  disebabkan oleh faktor Manusia. Masuk sekolah, #cari_aman lagi. Pakai helm dan jaket mu, #cari_aman!," ujar Daniel pada saat memberikan kata sambutan. 

Acara dilanjutkan dengan materi. Kali ini materi disampaikan oleh Abdullah Hamdi dan Arif Rahman Hakim selaku Instruktur Safety Riding PT Capella Dinamik Nusantara. 

"Resiko yang dibonceng dengan pengendara pada saat di jalan adalah sama. Agar aman saat di bonceng, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, pembonceng wajib gunakan kelengkapan safety riding seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu. Kedua, Untuk memudahkan pengemudi motor, pembonceng harus duduk menghadap ke depan searah dengan pengemudi. Ketiga, pembonceng berpegangan kepada pengemudi dan lutut menjepit ringan sehingga pergerakan  pembonceng akan mengikuti pergerakan pengemudi. Untuk wanita hindari duduk dengan posisi miring saat dibonceng, karena motor akan jadi berat sebelah dan menyulitkan dalam pengendaliannya. Hindari juga menggunakan celana yang berumbai atau rok lebar sehingga berpotensi tersangkut ke dalam roda atau rantai," disampaikan Abdullah Hamdi pada saat mendemokan postur berboncengan. 

Acara berjalan dengan lancar dan seru, peserta sangat aktif bertanya dan bersemangat. 

"Edukasi ini sangat bermanfaat bagi kami, kami bisa tahu bahwa berboncengan itu ada postur amannya. Selama ini kita berboncengan tanpa menggunakan helm, berboncengan hanya memegang pegangan belakang motor dan ternyata pegangan belakang motor gunanya untuk memarkirkan motor ke posisi standar dua bukan untuk pegangan saat di bonceng. Saya berharap ke depannya teman-teman lebih hati-hati saat berkendara, wajib pegangan dan pakai helm," ungkap M Idris, salah satu peserta dari kelas XI pada saat diwawancara setelah acara.(adifa) 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar