Loading...
Lewat MTQ Kecamatan Mempura X  

Pemkab Siak Ajak Warga Peduli Dhuafa

Di Baca : 145 Kali
Pembukaan musabqah tilawatil quran (MTQ) ke 10 tingkat Kecamatan Mempura berlangsung di Masjid Abdul Jalil Mujaffarsyah Kampung Benteng Hulu, Sabtu malam (19/4/2019). 

Siak Sri Inderapura, Detak Indonesia--Bupati Siak Alfedri saat membuka MTQ X tingkat Kecamatan Mempura mengatakan, momentum MTQ dilaksanakan setiap tahun merupakan upaya menghadirkan Alquran pada kehidupan keseharian kita.

Melalui tahapan seleksi tingkat  Kecamatan Mempura ini, nantinya bisa mengalami peningkatan yang dari tahun sebelumnya berada di ranking 6 ke depan diharapkan lebih baik lagi. 

"Kita harapkan dari tahun ke tahun pelaksanaan MTQ mengalami peningkatan. Diharapkan pada iven di tingkat kabupaten nantinya mengutamakan qari qariah tempatan sehingga dapat memberikan efek lebih luas lagi pada syiar agama," kata Bupati Siak Alfedri.

Dikatakannya, saat ini ada 1.054 tahfiz dari 9 ponpes di kabupaten siak. Tentunya kedepan hafalan alquran tidak hanya diterapkan pada sekolah pesantren saja tapi juga dapat dilaksanakan pula di sekolah umum, sehingga pembinaan akhlaq anak kita semakin baik dan terhindar dari pergaulan negatif. 

Tentu dengan mempersiapkan generasi yang cinta Al-quran serta memahami isi kandungannya diharapkan dapat menjadi salah satu upaya mendorong pengembangan potensi dan kearifan lokal yang kita miliki dengan landasan agama yang kuat. 

"Kita harapkan afalan Alquran tidak hanya diterapkan pada sekolah pesantren saja tapi juga dapat dilaksanakan pula di sekolah umum. Sehingga anak anak dapat mengembangkan potensi, dan dapat terhidar dari pergaulan negatif," ungkapnya.

Lanjutnya, Pemerintah Daerah bersama Pemprov Riau ke depan akan menerapkan kebijakan yang berlandaskan isi kandungan Alquran, dengan mengkonversi bank daerah menjadi perbankan syariah. 

Langkah itu juga sudah dimulai dengan telah ditetapkannya Riau oleh pemerintah pusat sebagai salah satu provinsi tujuan pariwisata halal bersama dua provinsi lainya yakni Provinsi Sumatera Barat dan Aceh.

"Harapan kita dengan diterapkannya konsep wisata halal, dan lembaga Keuangan daerah berbasis Syariah, doa kita usaha ini dapat mendatangkan keberkahan bagi daerah kita ke depanya," tutupnya.  

Sementara itu Camat Mempura Desi Fevianti mengatakan, MTQ X tingkat Kecamatan Mempura ini diikuti oleh tujuh kampung dan satu kelurahan tersebut tentunya bertujuan menjaring para qari qariah terbaik untuk menghadapi MTQ di tingkat Kabupaten Siak bulan Juni 2019 mendatang.

Lanjutnya, ia mengajak kepada masyarakat melalui acara syiar Al-quran ini lebih meningkatkan kepedulian kepada kaum duafa, melalui ATM Beras yang sudah ada di Kecamatan Mempura terlebih tak lama lagi umat muslim akan memasuki bulan suci Ramadan sehingga tentunya hal ini dapat meringankan kesulitan saudara kita yang kurang mampu.

"Kami mendorong masyarakat melalui momen MTQ ini, dapat mengetuk kepedulian sosial, dengan cara bersedekah melalui ATM Beras yang sudah disiapkan Baznas di masjid kita ini," ungkapnya.

Jelasnya, meskipun kondisi cuaca hujan yang terjadi sejak sore hingga malam hari maka pelaksanaan tidak dapat dilakukan di astaka, melainkan dilakukan dalam masjid kebanggaan masyarakat Mempura tersebut, tentunya ini tidak mengurangi suasana khidmat dan berkah acara.

Acara  pembukaan selain dihadiri Bupati Siak Alfedri juga turut dihadiri anggota DPRD Siak Sujarwo, Kemenag Siak H Muharom, sejumlah tokoh masyarakat, anggota persatuan perwiridan dari tiap kampung serta ratusan masyarakat Kecamatan Mempura.(adifa)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar