SEHARUSNYA DIBAYAR KE NEGARA DAN MASYARAKAT SAKAI

Pembayaran Ganti Rugi Jalan Tol Salah Sasaran

Di Baca : 4924 Kali
Datuk Puyan, salah seorang Datuk Ninik Mamak Batin Solapan Suku Sakai Riau berdiri di tanah ulayatnya yang kini sedang dibangun jalan tol yang sudah diaspal ruas Duri-Dumai. (foto istimewa)

Pekanbaru, Detak Indonesia--Masyarakat yang tergabung dalam persukuan Ninik Mamak Batin Solapan Desa Sibangar dan Desa Harapan Baru, Kecamatan Batin Solapan Kabupaten Bengkalis Riau merasa dizalimi terkait pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai pada seksi atau jalur III-IV Duri-Dumai.

“Terzalimi akibat pembangunan jalan tol melewati kampung dan lahan persukuan adat Suku Sakai, namun bukan berarti warga di Batin persukuan itu anti terhadap pembangunan,” ungkap Ir Ganda Mora MSi dari Barisan Relawan Jalan Perubahan (BARAJP), Selasa (3/3/2020).

Datuk Puyan, salah seorang Datuk Ninik Mamak Batin Solapan menjelaskan bahwa rencana pembangunan jalan tol persis di lahan persukuan. Memang belum dihuni rumah penduduk persukuan, hanya ditumbuhi sawit milik PT Murini Wood Indah Industri.

 “Sawit milik perusahaan itu menggunakan lahan kami tak ada memberi ganti rugi selama lebih dari 15 tahun, bahkan tak juga mengikutkan kami sebagai anggota pola KKPA/mitra,” kata dia.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar