PERKEBUNAN SAWIT PETANI DI SIAK JADI SENTRA PETERNAKAN SAPI

Bisnis Sapi Petani Mitra PTPN V Panen

Di Baca : 1603 Kali
Setyono saat memeriksa sapi-sapi bali yang digembalakan di perkebunan sawit masyarakat. Petani sawit mitra PTPN V Riau sangat terbantu dengan program peternakan sapi di saat sawit mereka tengah dilakukan peremajaan. (Foto dok. Humas PTPN V)

Pekanbaru, Detak Indonesia -- Bisnis peternakan sapi yang dijalankan oleh puluhan petani yang tengah mengikuti program peremajaan sawit rakyat (PSR) binaan PT Perkebunan Nusantara V Riau di Kabupaten Siak, Provinsi Riau meraup pendapatan hingga ratusan juta rupiah di tengah tahun pandemi Covid-19 ini. 

Ketua Kelompok Tani Tunas Muda, Setyono dihubungi dari Pekanbaru, Rabu (4/8/2021) mengatakan sedikitnya 20 ekor sapi milik para petani telah ludes terjual, termasuk untuk kebutuhan Idul Adha kemarin. Dari penjualan itu, para petani dari Kota Istana tersebut meraup omzet hingga Rp320 juta, dengan penjualan per ekor sapi mencapai Rp16 juta. 

"Alhamdulillah, permintaan sapi di tahun ini sama dengan tahun-tahun sebelumnya meski situasi sedang sulit akibat pandemi. Ekonomi kami para petani yang mengikuti PSR juga cukup terbantu dengan peternakan ini," katanya. 

Ia mengatakan bahwa sapi jenis bali yang diternak oleh para petani sawit tersebut baru memenuhi pangsa pasar kebutuhan ternak di pasar setempat. Padahal, Setyono yang juga Ketua Umum Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perusahaan Inti Rakyat (ASPEKPIR) itu menuturkan sejatinya potensi pasar masih terbuka lebar, karena permintaan juga datang dari kabupaten sekitar. 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar