Disampaikan pendekatan ekonomi dalam penegakan hukum terhadap kejahatan korporasi

Prof Asep N Mulyana Orasi Ilmiah di Dies Natalis FH USU

Di Baca : 630 Kali
Prof Asep N Mulyana Orasi Ilmiah di Dies Natalis FH USU

Medan, Detak Indonesia--Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM Prof Dr Asep Nana Mulyana SH MH orasi ilimiah pada perayaan puncak Dies Natalis Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara ke 69, di Gedung Peradilan Semu USU, Medan, Sabtu 11 Maret 2023.

Dirjen Perundang-undangan Kemenkum HAM yang juga jaksa senior Asep Nana Mulyana dalam orasi ilmiahnya mengangkat tema "Paradigma Pemidanaan Terhadap Kejahatan Korporasi dan Bisnis"

Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat ini menyampaikan tentang pendekatan ekonomi dalam penegakan hukum terhadap kejahatan korporasi, entitas korporasi dan bisnis sebagai rational actor akan mengambil keputusan yang bermanfaat bagi aktivitas bisnisnya, yang berdasarkan pada pilihan rasionalnya.

Penghukuman terhadap entitas korporasi dan bisnis dapat dilakukan dengan Konsep Responsive Regulatioan (RR) yang tidak mengharuskan setiap pelanggaran diproses ke pengadilan, melainkan menitikberatkan pada perbaikan pelaku dengan seberat apapun hukuman yang akan dijatuhkan harus dimulai dengan persuasif, peringatan tertulis, sanksi perdata, sanksi pidana, penangguhan izin usaha sampai pencabutan izin usaha.

"Transformatif justice di Indonesia kini telah bergeser filosofi retributive menuju filosofi utilitas dimana dari mengikuti tersangka/pelaku menuju ke mengikuti arah distribusi uang dan aset," tuturnya.

Dijelaskan, tujuan dari transformatif ini kembali pada pilihan sanksi retributif atau utilitas, dimana aspek retributif terdiri dari balas dendam; derita dan penjara, social order, aspek kuantitas (output), dan over capacity dan crowded," terangnya.

"Sedangkan aspek utilitas terdiri dari kepastian, keadilan, kemanfaatan, social welfare (kesejahteraan masyarakat), kedamaian, dan aspek kualitas (outcome)," kata Asep Mulyana.

Turut hadir dalam kegiatan ini mantan JAM WAS Dr Muhammad Yusni, Kajati Sumut Idianto SH MH, Kajari Binjai Jufri Nasution, Kajari Deliserdang Jabal Nur, CEO ADHYAKSAdigital, Felix Sidabutar.

Kemudian Rektor USU Prof Dr Muryanto Amin, Dekan Fakultas Hukum USU Dr Mahmul Siregar, Ketua Ikatan Alumni FH USU, Hasrul Benny Harahap SH Mhum, Ketua Panitia Dies Natalis FH USU Ke 69 Edwin Nasution serta seluruh Civitas Akademika Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara.

Selanjutnya, hadir pula Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Sumut Alex Cosmas Pinem, Perancang Peraturan Perundang-Undangan Ahli Madya Yuli Rosdiana Sitorus. (*/rls/di)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar