Akan Dibangun Jalan Layang Medan-Berastagi

Medan, Detak Indonesia-Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, Tandatangani komitmen 5 M (Mendukung, Mewujudkan, Memprioritaskan, Memperkuat dan Melakukan) perencanaan mobilitas perkotaan berkelanjutan (Sustainable Urban Mobility Plan) di kawasan perkotaan Medan - Binjai – Deli Serdang - Karo (Mebidangro) Provinsi Sumatera Utara, Kamis (22/10/2020) pukul 11.00 WIB di rumah kediaman Gubernur Sumatera Utara, Jalan Sudirman No 41 Medan. 

Penandatangan komitmen tersebut dilakukan bersama Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Pjs Wali Kota Medan Arief Sudarto Tri Nugroho, Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan, Wali Kota Binjai HM Idaham.

Dengan isi komitmen 5 M tersebut yaitu, 1. Mendukung kebijakan dalam penanganan emisi mobilitas perkotaan untuk mewujudkan transportasi rendah karbon yang berkelanjutan di kawasan perkotaan Mebidangro, 2. Mewujudkan akses yang aman ke ssstem transportasi massal rendah karbon, selamat, bersih, handal dan terjangkau sebagai salah satu kebutuhan dasar di kawasan perkotaan Mebidangro, 3.  Memprioritaskan sistem mobilitas perkotaan berkelanjutan di kawasan perkotaan Mebidangro, yang menginterigasikan transportasi publik, pengguna sepeda, pejalan kaki, dan solusi rendah karbon dalam perencanaan dan pengembangan kebijakan alokasi anggaran publik, 4. Memperkuat perencanaan dan implementasi mobilitas perkotaan yang partisipatif, melalui koordinasi kelembagaan antara pemerintah pusat dan daerah, sektor swasta dan masyarakat dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia, 5. Melakukan penyelarasan dan pengintegrasian program dan kegiatan dalam dokumen perencanaan daerah, untuk mewujudkan sistem transportasi massal rendah karbon yang berkelanjutan di kawasan perkotaan Mebidangro. 

Dalam kesempatan itu, Gubsu Edi Rahmayadi menyebutkan pembangunan Mebidangro ini diawali dari wilayah Deliserdang yang akan dibangun sport center, untuk itu terimakasih kepada Tim Badan Pembangunan Keuangan Prancis AFD (Agence Française Développement) telah melakukan pemaparan pelaksanan  manajemen proyek (kick off). 

Sedangkan wilayah Kabupaten Karo rencana akan dimulai pembangunan jalan layang di satu titik, hal ini semuanya sesuai tertuang dalam isi butir komitmen bersama. Masih di kesempatan yang sama Bupati Karo Terkelin Brahmana menambahkan bahwa Pemda Karo dari awal komitmen dan eksis mendukung Perpres 62/2011 tentang Mebidangro. 

Pemda Karo sangat berterimakasih kepada bapak Gubernur Sumatera Utara yang telah memperhatikan Jalan Medan Berastagi yang selama ini menjadi perhatian publik. Pasalnya kerap mengalami kemacatan antrean panjang. 

"Mendengar adanya rencana pembangunan jalan layang Medan Berastagi kami sangat  menyambut dan apresiasi, tentu hal ini ke depan sangat membantu bagi Pemda Karo dan kabupaten lainnya yang menggunakan jalur Medan-Berastagi," ungkap Terkelin.

Turut hadir Tim Badan Pembangunan Keuangan Prancis AFD (Agence Française Développement), Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi MSi, Kadis Perhubungan Gelora Fajar Purba SH dan Kabag Umum dan Perlengkapan Hotman Brahmana. (stm)


Baca Juga