HASIL PRAMEDIASI KOMISIONER MEDIASI KOMNAS HAM

Temuan Komnas HAM Kerusuhan Rempang Mengarah pada Dugaan Pelanggaran HAM

Di Baca : 1356 Kali
Temuan Komnas HAM kerusuhan di Rempang bisa mengarah pada dugaan pelanggaran HAM. (tsi)

Rempang, Detak Indonesia--Komisioner Mediasi Komnas HAM RI DR Prabianto Mukti Wibowo Msc, Sabtu 16 September 2023 telah hadir di tengah-tengah warga Kampung Sembulang Rempang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang merupakan Kampung Melayu Tempatan menjadi titik prioritas relokasi pertama.

Karena di situ akan dibangun kawasan industri pengolahan pasir kwarsa untuk solar Cell ini yang menjadi  permasalahan karena diberi tenggat waktu 28 September 2023 harus pindah dari lokasi yang telah ditempati warga turun temurun berpuluh-puluh tahun dan adanya situs dan artefak tradisional yang ada di lapangan.

"Ada Makam Kuno sejak zaman Jepang, ada artefak kebudayaan Melayu kuno, ada di lokasi yang kami kunjungi. Dan temuan kami, semua penduduk, semua warga tiga kampung Sembulang ini menyatakan penolakannya terhadap rencana relokasi yang akan dilakukan oleh Pemerintah dalam hal ini BP Batam," kata Komisioner Mediasi Komnas HAM Prabianto usai mengunjungi Kampung Sembulang Rempang, Sabtu (16/9/2023) sebagaimana dilansir KompasTv Selasa (19/9/2023).

Menurut Prabianto, rencana pembangunan proyek strategis Nasional sendiri, warga secara aklamasi mendukung rencana Pemerintah akan membangun proyek pengembangan pelabuhan bebas di wilayah Batam, Rempang, dan Galang.

"Yang mereka masalahkan adalah kenapa mereka harus dipindahkan, mereka hidup secara damai turun temurun di kawasan tersebut," kata Prabianto.

Komnas HAM bertemu warga Rempang dan menggali informasi.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar