Banjir Kota Bukittinggi Surut

Jumat, Cuaca Sumbar Berpotensi Hujan Lebat, Disertai Petir, Kilat Angin Kencang

Di Baca : 1427 Kali
Banjir yang terjadi di Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatra Barat, telah surut pada Rabu (3/4/2024). Genangan yang sempat melanda wilayah kota disebabkan hujan dengan intensitas tinggi pada Selasa malam (2/4/2024), pukul 19.40 WIB. (Dok. BNPB)

Bukittinggi, Detak Indonesia – Banjir yang terjadi di Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatra Barat, telah surut pada Rabu (3/4/2024). Genangan yang sempat melanda wilayah kota disebabkan hujan dengan intensitas tinggi pada Selasa malam (2/4/2024), pukul 19.40 WIB.

Sebanyak 9 kelurahan di 3 kecamatan terendam air dengan ketinggian 30 – 120 cm saat banjir berlangsung. Ketiga kecamatan terdampak berada di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Aur Birugo Tigo Baleh dan Guguk Panjang. BNPB memantau 197 KK yang berada di wilayah tersebut terdampak banjir.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari PhD menjelaskan, peristiwa ini tidak sampai menimbulkan adanya pengungsian warga setempat.

Menyikapi kondisi ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bukittinggi mengkoordinasikan penanganan dengan aparat kelurahan dan kecamatan setempat. Para petugas memastikan pembersihan material sampah yang terbawa banjir di wilayah kota.

Wilayah Lain

Sementara itu, banjir juga tercatat melanda dua kabupaten lain di Sumatra Barat, yaitu Agam dan Musi Rawas. Banjir di Agam telah surut, yang dilaporkan BPBD setempat pada hari Rabu (3/4/2024). Peristiwa itu berlangsung pada Selasa (2/4/2024), pukul 21.00 WIB.

Lokasi terdampak di Kabupaten Agam berada di Kecamatan Banuhampu dan Ampek Angkek. Saat genangan terjadi, Petugas BPBD setempat menyiagakan personel serta melakukan koordinasi dan asesmen di lapangan.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar