sebagian wilayah masih terendam banjir

Sebanyak 1.695 Kepala Keluarga Terdampak Banjir Ogan Komering Ulu

Di Baca : 438 Kali
Kondisi wilayah terdampak banjir di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. (Foto : BPBD Kabupaten Ogan Komering Ulu)

Ogan Komering Ulu, Detak Indonesia – Hujan dengan intensitas tinggi yang melanda wilayah Provinsi Sumatera Selatan menyebabkan terjadinya banjir di Kabupaten Ogan Komering Ulu, peristiwa tersebut terjadi pada Senin (6/5/2024) pukul 19.30 WIB dan hingga saat ini dilaporkan air masih merendam wilayah yang terdampak.

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari PhD, kejadian ini mengakibatkan lima Kelurahan yang berada di Kecamatan Baturaja Barat yaitu Kelurahan Tanjung Agung, Kelurahan Talang Jawa, Kelurahan Air Gading, Kelurahan Batu Kuning, Kelurahan Saung Naga dan lima Kelurahan di Kecamatan Baturaja Timur yaitu Kelurahan Sekar Jaya, Kelurahan Baturaja Permai, Kelurahan Baturaja Lama, Kelurahan Kemala Raja dan Kelurahan Sukaraya terdampak dengan ketinggian muka air terpantau 60-200 cm.

Berdasarkan laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB, tercatat 1.695 KK terdampak, dan 257 kk mengungsi, untuk kerugian materil terdata kaji cepat antara lain sebanyak 1.695 unit rumah terdampak, 4 unit fasilitas ibadah, satu unit jembatan gantung terputus serta 10 Ha lahan pertanian warga terdampak.

Menurut laporan peringatan dini yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan masih akan dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga intensitas lebat.

BPBD Ogan Komering Ulu, BPBD Provinsi Sumatera Selatan dan tim gabungan hingga saat ini masih  melakukan koordinasi, pendataan di lapangan, evakuasi warga terdampak dan terus memonitoring dampak banjir ini ke aparat kecamatan, kelurahan serta desa setempat guna melihat dampak lanjutan dengan kondisi mutakhir sebagian wilayah masih terendam banjir. (rls)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar