CEGAH KANKER SERVIKS

Lakukan Tes Pap Smear Sedini Mungkin

Di Baca : 5264 Kali
Ketua TP PKK Kabupaten Karo Sumut Ny Sariati Terkelin Brahmana di Kantor Camat Berastagi lama Komplek Pajak Buah mensosialisasikan cegah kanker serviks untuk perempuan, Selasa (6/3/2018). (Foto Ist) 

Berastagi,  Detak Indonesia--Perlunya pencegahan sebelum datang penyakit sangatlah perlu. Langkah pertama dalam mendiagnosa seorang wanita apakah menderita kanker serviks (mulut rahim) yang paling umum dilakukan adalah dengan melihat hasil tes Pap Smear dan IVA (Insfeksi Visual Asam Asetat).

Selasa (6/3/2018) pukul 09.00 WIB Ketua TP PKK Kabupaten Karo Ny Sariati Terkelin Brahmana di Kantor Camat Berastagi lama Komplek Pajak Buah mensosialisasikan cegah kanker serviks untuk perempuan. 

Dalam sosialisasi tersebut Ny Sariati Terkelin Brahmana mengatakan Tes IVA merupakan salah satu upaya pemeriksaan awal yang di prioritaskan bagi perempuan Indonesia untuk dapat dilakukan penanganan tepat dan cepat bila diketahui gejalanya. 

"Kegiatan ini juga mendorong upaya program program pusat untuk menekan jumlah korban akibat kanker, sesuai dengan tujuan pemerintah untuk mendukung gerakan yang bertemakan revolusi mental (GNRM) yang dapat mengubah pola pikir dan memberdayakan masyarakat agar dapat hidup mandiri, produktif, kreatif, dan berkarakter," jelas Ny Sariati Sitompul

Lanjutnya lagi, penciptaan tenaga kerja yang produktif merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh pemerintah saat ini, bahwa produktivitas merupakan salah satu faktor penting yang menentukan pertumbuhan ekonomi di suatu daerah.

Sariati berharap agar berbagai hal yang berpotensi menimbulkan menurunnya produktivitas pada kaum perempuan harus dideteksi sedini mungkin.

"Sayangi diri anda lakukan pemeriksaan IVA adalah salah satu bentuk upayanya," harap Ny Terkelin saat menegaskan di hadapan peserta yang hadir.

Disela - sela acara sosialisasi Kepala Puskesmas  Berastagi dr Rahmenda  Br Sembiring menjelaskan, kegiatan sosialisasi yang dilakukan ibu Ketua TP PKK Kabupaten Karo Ny Terkelin Brahmana ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya upaya pencegahan kanker leher rahim sejak dini, dan meningkatkan pola hidup bersih dan sehat baik di rumah maupun di tempat kerja.

Selesai acara sosialisasi  dilanjutkan dengan Tes IVA  dan peresmian pondok IVA Tes dan donor darah yang dilakukan PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Karo langsung oleh dr Jasura Pinem selaku Ketua PMI Kabupaten Karo.

Hadir dalam sosialisasi dan peresmian pondok IVA Tes  yaitu Kepala Dinas  Pemberdayaan Perempuan dan Anak Ka upaten Karo dr Hartawati Tarigan, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Seruan Sembiring, Camat Berastagi Mirton Ketaren, Ketua PKK Pokja 4 Kecamatan Berastagi Ny Mirton Ketaren, para bidan desa, kepala desa/lurah se-Kecamatan Berastagi.(pmg)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar