Presiden Pimpin Hari Lahir Pancasila 2024 di Dumai Riau

Presiden : Kita Harus Aktif Ambil Alih Kembali Aset-aset Strategis Bangsa

Di Baca : 1130 Kali
Presiden Jokowi memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2024, Sabtu (1/6/2024) di Lapangan Garuda, Kompleks Pertamina Hulu Rokan (PHR), Kota Dumai, Provinsi Riau.(Dok. Setpres/ist)

Dumai, Detak Indonesia--Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila 2024, Sabtu (1/6/2024), yang digelar di Lapangan Garuda, Kompleks Pertamina Hulu Rokan (PHR), Kota Dumai, Provinsi Riau. Tahun ini, peringatan Hari Lahir Pancasila bertema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”.

Dalam upacara ini, Presiden Jokowi terlihat mengenakan pakaian adat Riau bernuansa hitam. Upacara dimulai sekitar pukul 07.25 WIB. Bertindak selaku perwira upacara yaitu Kasdam I/Bukit Barisan Brigjen TNI Refrizal dan Komandan Upacara yaitu Kombes Pol Andri Ananta Yudhistira selaku Dir Reskrimum Polda Jambi.

Upacara diawali dengan penghormatan kebesaran kepada inspektur upacara. Selanjutnya inspektur upacara memimpin peserta upacara untuk Mengheningkan Cipta. Setelah upacara selesai, disuguhkan dengan serangkaian acara tambahan, yakni marching band dari Cendana Hulu Rokan serta tari kolosal bertema “Kampung Pancasila” sebagai wujud adat Riau.

Presiden Jokowi selaku inspektur upacara dalam amanatnya menyampaikan bahwa, kita harus optimis dan semangat untuk membangun kemandirian ekonomi yang sangat penting bagi Indonesia dengan adanya Pancasila dan kekayaan budaya serta sumber daya alam kita.

“Kita harus selalu optimis, karena kita punya Pancasila yang memandu arah bangsa karena kita punya modal sosial dan modal budaya yang kokoh, karena kita punya sumber daya manusia dan kita punya sumber daya alam yang melimpah. Oleh karena itu, kita harus terus perkokoh kemandirian bangsa dan berdikari dalam ekonomi,” ujarnya.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar