Secuil Kisah di Balik Kedatangan Jokowi di Dumai

Paspampres Kaget Ada Kawanan di PHR Dumai yang Tak Mudah Diatur

Di Baca : 587 Kali
Beruk (Macaca nemestrina) dan Kera ekor panjang (Macaca fascicularis), dua dari banyak spesies kera yang hidup di lingkungan perumahan dan area operasi PT Pertamina Hulu Rokan di Riau. (Foto: Budi Koesoemo)

Dumai, Detak Indonesia – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menetapkan Lapangan Garuda di Blok Rokan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) di Dumai, Riau sebagai lokasi peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2024. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo hadir dan bertindak sebagai pemimpin upacara tersebut.

Sebagaimana layaknya kunjungan orang nomor 1 di Objek Vital Nasional (Obvitnas), pengamanannya pun tak main-main. Selain pemeriksaan lalu Lalang kendaraan dan orang, pengamanan lingkungan juga menjadi perhatian serius.

“Di kawasan ini ada kawanan yang tak mudah diatur, pak,” lapor seorang petugas keamanan sedikit berseloroh, kepada Paspampres. Sontak pasukan pengawal presiden ini kaget mendengar ucapan tersebut. Ternyata yang dimaksud adalah kawanan kera, yang selama puluhan tahun memang hidup berdampingan di area operasi migas PHR di Dumai.

Lapangan Garuda tempat berlangsungnya upacara sejak dulu memang kerap dijadikan tempat upacara peringatan hari-hari besar. Saat upacara berlangsung, terkadang muncul kawanan kera di sudut-sudut lapangan.

Tak heran. Karena lansekap lapangan yang dibangun bersamaan dengan pembangunan kawasan perumahan, area perkantoran dan area operasi ini memang dirancang dengan konsep berwawasan lingkungan. Di tengah antara area perkantoran/ operasi PHR dan perumahan terbentang kawasan hutan asli, yang kemudian disebut Taman Wisata Alam (TWA). Kawasan hutan yang bahkan lebih luas dari area operasi PHR di Dumai ini sengaja dijaga keasliannya, sebagai habitat bagi flaura dan fauna berbagai spesies. Termasuk kera. Di komplek PHR Rumbai Pekanbaru juga terkadang berkeliaran kera, dan malah babi hutan dulunya.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar