harapan masa mendatang dapat memberikan konstribusi positif bagi Maluku dan seluruh Indonesia

Menteri Kelautan dan Perikanan Minta Semua Pihak Dukung Modelling PIT PT SIS

Di Baca : 421 Kali
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono secara resmi meluncurkan modelling Penangkapan Ikan Terukur (PIT) pertama di Indonesia. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan kerja sama bisnis hulu - hilir perikanan tangkap dan penangkapan ikan terukur bersama PT Samudera Indo Sejahtera (SIS) dan kelompok nelayan di Kota Tual pada Senin (3/6/2024). (ist)

Maluku, Detak Indonesia--Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono secara resmi meluncurkan modelling Penangkapan Ikan Terukur (PIT) pertama di Indonesia.

Pengembangan modelling ini akan dilakukan di dua wilayah zona 3 perikanan, salah satunya di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan kerja sama bisnis hulu - hilir perikanan tangkap dan penangkapan ikan terukur bersama PT Samudera Indo Sejahtera (SIS) dan kelompok nelayan di Kota Tual pada Senin (3/6/2024).

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11/2023 tentang Penangkapan Ikan Terukur, bahwa Penangkapan Ikan Terukur adalah penangkapan ikan yang terkendali dan proporsional. Penangkapan Ikan Terukur (PIT) dilakukan di zona penangkapan ikan terukur, berdasarkan kuota penangkapan ikan dalam rangka menjaga kelestarian sumber daya ikan dan lingkungannya serta pemerataan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Sampai hari ini kita belum mampu dan belum bisa berhasil ekspor produk perikanan kita ke Eropa. Salah satu yang saya dapatkan informasi kenapa itu terjadi, dia hanya menjawab cara penangkapan kalian masih barbar," kata Trenggono, di Tual, Maluku Tenggara.

"Jadi inilah salah satu jawabannya, penangkapan terukur itu adalah untuk memberikan keyakinan kepada market di dunia juga bahwa ikan ditangkap dengan cara yang lebih manusiawi lebih baik. Dan ikan yang lebih bisa dideteksi ini dari mana, jenisnya seperti apa, peralatan tangkap seperti apa, dan lebih efisien," sambungnya.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar