TAK DIBERI BANTUAN BENCANA

Warga Suka Tendel Demo Bupati Karo

Di Baca : 4602 Kali
Situasi saat rapat berlangsung di Kantor Bupati Karo Kamis,  (15/3/2018) pukul 10.00 WIB.(pmg/Detak Indonesia.co.id)

Suka Tendel,  Detak Indonesia--Warga Desa Suka Tendel Kecamatan Tiga Nderket Kabupaten Karo Sumut yang terdampak bencana gunung api Sinabung mendatangi Kantor Bupati Karo melancarkan demo dan memprotes Bupati Karo Terkelin Brahmana SH,  Kamis (15/3/2018) sekira pukul 08.00 WIB akibat tidak adanya perhatian pemerintah selama ini.

Setelah berdiskusi beberapa saat, akhirnya 20 orang perwakilan dari Desa Suka Tendel diizinkan masuk ke Ruang Rapat Bupati Karo untuk menanyakan kejelasan hak dan status seluruh warga Desa Sukatendel dalam aksi damai adapun tuntutan hak selaku terdampak sebagai pengungsi Gunung Sinabung antara lain membutuhkan sembako, pengadaan air bersih, perbaikan sarana dan prasarana irigasi (usaha kecil), bantuan anak sekolah TK, SD, SMP, SMA dan Universitas, pergantian seng yang bocor, bibit tanaman dan pupuk (bibit padi tanah kering), Jadup (jatah hidup), status keadaan Desa Suka Tendel  akibat erupsi Gunung Sinabung.

Dalam aksi damai tersebut,Bupati Karo bersama Forkopimda menyambut dan mengadakan rapat serta menampung aspirasi dalam keadaan aman akhirnya masyarakat menerima dan kembali ke Desa Suka Tendel pukul12.15 WIB. 

Martin Sitepu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo menyatakan berdasarkan UUD No. 24 tentang Penanganan Bencana Alam, yang paling utama adalah menyelamatkan jiwa.

"Jadi yang mengkaji adalah ahlinya badan vulkanologi dan sesuai dengan kajian badan vulkanologi Sektor Barat 3,5 km, Selatan-Tenggara 7 km, Tenggara-Timur 6 km, yang bisa kami pastikan Desa Suka Tendel tidak masuk zona merah dari segi status," katanya.  






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar