PROGRAM UP2K

Desa Sempajaya Masuk Rekor Percontohan Tingkat Provinsi

Di Baca : 2904 Kali
Ketua TP PKK Kabupaten Karo Sumut Ny Sariati Sitompul memberikan arahan. (Foto Ist)

Berastagi,  Detak Indonesia--Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) sangat mendukung masyarakat. Karena pengelolaannya langsung dari masyarakat oleh  masyarakat dan untuk masyarakat. 

"Sehingga dengan adanya program UP2K, diyakini akan dapat mendorong terciptanya lapangan pekerjaan dan juga sebagai penggerak roda perekonomian masyarakat pedesaan," kata Bupati Karo Terkelin Brahmana selaku Ketua Dewan Pembina PKK didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Karo Ny Sariati Sitompul Terkelin Brahmana saat berada di Kantor UP2K,Sabtu (10/3/2018) di Desa Sempajaya Peceren Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo.

Karena itu, kegiatan program UP2K ini diharapkan dapat menjadi salah satu program untuk membina dan mengembangkan kegiatan usaha keluarga dan sekaligus dapat meningkatkan daya beli masyarakat.

"Sekaligus tujuan saya datang hadir di tengah-tengah ibu UP2K, ingin memberikan motivasi agar semua masyarakat desa harus kompak dan bersatu serta membuat terobosan dan inovatif," tegas Ketua Dewan Pembina PKK Terkelin Brahmana.

Tambah Bupati lagi,  untuk mendapatkan gelar juara harus melalui usaha yang gigih, kerja sama yang baik, komunikasi yang baik dan bekerja dengan ikhlas, cerdas dan berkualitas, tidak ngasal.

"Dan saya sering mengingatkan dan tidak pernah bosan,tingkatkan silaturahmi, ada silaturahmi ada persatuan, ada persatuan ada kekuatan, ada kekuatan maka tujuan akan berhasil, bagaimana bisa menang jika kekuatan tidak ada, bagaimana bisa kuat jika tidak bersatu. Nah ini harus diterapkan para ibu UP2K," ucap Bupati Karo selaku Dewan Pembina PKK di hadapan peserta 100 orang.

Dalam kesempatan kunjungan tersebut, terungkap adanya rencana untuk 2018 ini Desa Sempajaya Kecamatan Berastagi merupakan salah satu Desa Percontohan kategori UP2K yang akan dilombakan ke jenjang tingkat provinsi. 

"Oleh sebab itu, perlu dilakukan pembinaan agar memenuhi kriteria-kriteria  dan indikator penilaian agar memenuhi syarat untuk menjadi juara nantinya di tingkat propinsi," kata Ny Sariati Sitompul Ketua TP PKK Karo

“Kunjungan ini merupakan penilaiaan awal. Mudah-mudahan Desa Sempajaya  ini bisa mewakili Kabupaten Kabupaten Karo ke jenjang tingkat Provinsi nantinya, hal ini saya sangat optimis, seperti yang pernah dialami oleh Desa Gung Pinto Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo pada  2016 memenangi penilaian dan juara 1 tingkat Provinsi Sumatera Utara sehingga dilombakan ke tingkat Nasional dan berhasil mendapatkan juara 5 Tingkat Nasional, maka Desa Sempajaya, saya berharap ke depan dapat mengikuti jejak Desa Gung Pinto, yang lebih berprestasi lagi mendapat juara baik tingkat provinsi dan Tingkat Nasional. Adapun penilaian dan kriteria mencakup tiga aspek yaitu bidang kelembagaan, administrasi dan kegiatan-kegiatan UP2K PKK. Ini dasar pembinaan Desa Percontohan UP2K, oleh sebab itu persiapkan diri baik perorangan maupun perkelompok," tutup Ketua TP PKK sambil tersenyum kepada peserta.

Hadir dalam pembinaan UP2K tersebut Ketua Tim PKK Kabupaten Ny Mirton Ketaren, Camat Berastagi Mirton Ketaren, dan Ketua UP2K Desa Sempa Jaya Lilis Sulastri dan peserta masyarakat dan ibu PKK sebanyak 100 orang.(pmg) 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar