BULAN BERWARNA KEMERAHAN

Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018 Menakjubkan !

Di Baca : 4917 Kali
Gerhana bulan total Sabtu dinihari tadi (28/7/2018) bulan terlihat kemerahan sungguh menakjubkan. Umat Islam disunatkan agar melaksanakan salat gerhana. (foto net)

Hal ini menyebabkan Bulan akan terlihat sedikit lebih kecil bila diamati dari Bumi dan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk melewati bayangan gelap Bumi tersebut. Untuk faktor yang kedua inilah Bulan purnama yang terjadi ketika Bulan berada di titik terjauhnya dari Bumi disebut juga micro moon. Salah satu fenomena yang menarik saat gerhana bulan total terjadi adalah berubahnya warna Bulan menjadi kemerahan. 

Perubahan warna ini diakibatkan oleh adanya cahaya Matahari yang dibiaskan oleh atmosfer Bumi. Bulan menjadi berwarna kemerahan karena warna-warna lain dihamburkan oleh atmosfer Bumi, sedangkan cahaya berwarna merah lebih mudah untuk diteruskan. Warna ini juga dipengaruhi oleh banyaknya debu dan partikel di atmosfer Bumi. Semakin banyak debu, semakin gelap warna Bulan. Jika Bumi tidak memiliki atmosfer, maka Bulan akan menjadi gelap total ketika gerhana bulan total terjadi.

Berikut waktu dari proses Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018: Bulan memasuki penumbra Bumi/gerhana bulan penumbra mulai (P1): 00.14 WIB Bulan memasuki umbra Bumi/gerhana bulan sebagian mulai (U1): 01.24 WIB Gerhana bulan total mulai (U2): 02.30 WIB.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar