TIPS

Sering Pusing Saat Berdiri Bisa Jadi Tanda Bahaya

Di Baca : 3144 Kali
Ilustrasi : Net

Penurunan tekanan darah saat berdiri diketahui sebagai hipotensi ortostatik, dan kondisi ini dapat menyebabkan orang merasa lemah dan pusing. Di antara peserta riset ada 552 orang telah menderita hipotensi ortostatik sejak awal.

"Hipotensi ortostatik telah dihubungkan dengan penyakit jantung dan mudah pingsan. Jadi kami ingin melakukan sebuah riset besar untuk menentukan apakah jenis tekanan darah rendah ini berhubungan dengan masalah di otak, secara spesifiknya demensia," kata pemimpin riset Andreea Rawlings.

Dalam riset ini ditemukan bahwa orang dengan hipotensi ortostatik memiliki risiko 54 persen lebih tinggi mengalami demensia. Ditemukan juga bahwa dari 11.156 orang peserta riset yang tidak mengalami hipotensi ortostatik, hanya sembilan persen atau 999 orang yang mengalami demensia. Sementara dari 552 orang yang menderita hipotensi ortostatik ada 12,5 persen atau 69 orang yang menderita demensia.

Mereka yang menderita hipotensi ortostatik juga ditemukan memiliki kemungkinan dua kali lipat untuk terkena stroke.

"Mengukur hipotensi ortostatik pada orang-orang berusia paruh baya mungkin bisa menjadi cara baru mengidentifikasi risiko demensia atau stroke," ujar Rawlings.

"Diperlukan riset lanjutan untuk menemukan apa yang mungkin menyebabkan adanya hubungan ini dan juga untuk menginvestigasi strategi untuk mencegah demensia atau stroke," kata dia lagi.

Badan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) mengatakan belum bisa dipastikan bahwa hipotensi secara langsung menyebabkan demensia. Selain itu ada juga batasan pada riset yaitu para peneliti tidak melakukan diagnosis hipotensi secara lanjut pada para peserta riset.

"Artinya kita tidak mengetahui apakah orang yang memiliki hipotensi sejak awal riset telah berhasil diobati," jelas NHS. "Kita juga tidak mengetahui apakah orang yang tidak memiliki hipotensi pada awal riset kemudian terkena kondisi ini," imbuh mereka.(DI)

 






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar