2019, UKW PWI DI BENGKALIS

Pelantikan Ketua dan Pengurus PWI Bengkalis

Di Baca : 1835 Kali
Suasana pelantikan ketua dan pengurus PWI Bengkalis, di Balai Kerapatan Wisma Daerah Sri Mahkota Bengkalis, Provinsi Riau, Senin (17/12/2018). (Devon/Detak Indonesia.co.id)

Bengkalis, Detak Indonesia-- Senin (17/12/2018) Ketua dan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bengkalis Riau periode 2018-2021 resmi dilantik Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang. Pelantikan ini berlangsung di Balai Kerapatan Wisma Daerah Sri Mahkota Bengkalis, Provinsi Riau.

Acara pelantikan Ketua dan Pengurus PWI Bengkalis ini dihadiri oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Ketua Umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari, Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang, Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Johansyah Syafri, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Yuhelmi, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengatakan di dalam kata sambutannya, terbentuknya organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bengkalis, sangat penting keberadaannya untuk menjamin bahwa wartawan yang berada di bawah naungan PWI adalah wartawan yang profesional dan benar-benar memahami kode etik jurnalistik, sehingga wartawan yang tergabung  dengan wadah organisasi PWI benar-benar wartawan berkompeten dan profesional serta dilindungi oleh Undang-Undang dan Dewan Pers.

"Kehadiran PWI hendaknya mengambil peran dalam memberikan edukasi serta pembinaan kepada wartawan,  sehingga mereka memahami tentang aturan UU Pers dan kode etik jurnalistik” kata Amril.

Bupati menambahkan, pers adalah kekuatan Pilar keempat yang dapat membangun bangsa dan menyuarakan kepentingan rakyat. "Peran wartawan sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan pembangunan, khususnya di Kabupaten Bengkalis. Terutama perannya dalam membangun bangsa melalui pemberitaan pembangunan yang bersinergi dengan pemerintah,” ujarnya.

Foto bersama, usai pelantikan Ketua dan Pengurus PWI Bengkalis, di Balai Kerapatan Wisma Daerah Sri Mahkota Bengkalis, Provinsi Riau, Senin (17/12/2018).(Devon/Detak Indonesia.co.id)

Sumbang saran dari para tokoh dan insan pers terhadap kebijakan pemerintah daerah dinilai sangat berharga untuk modal pembangunan Kabupaten Bengkalis. Karena budaya sumbang saran tersebut diharapkan mampu terus ditumbuhkembangkan secara santun dan bijak demi asa kita bersama membangun negeri dalam mensejahterakan masyarakat, ungkap Amril.

Ketum PWI Bengkalis yang baru, Alfisnardo menjelaskan dalam sambutannya, visi dan misi PWI yang baru. Ia mengatakan akan mengadakan Uji Kompensi Wartawan (UKW) pada tahun 2019 di Kabupaten Bengkalis.

"Untuk tahun 2019 nanti, sesuai visi dan misi, kita akan melaksanakan UKW di Kabupaten Bengkalis dan Alhamdulillah rencana kita ini didukung oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis,” ungkap Alfisnardo.

Usai pelantikan ketua dan pengurus PWI Kabupaten Bengkalis, Ketua Umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari menjelaskan, dirinya melihat kepengurusan ini adalah kepengurusan yang serius, mereka ini kepengurusan di era digital, mereka paham bahwa karya jurnalistik yang dihormati adalah karya jurnalistik yang patuh pada kode etik. 

"Ini tantangan kita bersama, saya kan baru jadi Ketua Umum ini, tantangan di era saya sangat berat sekali dimana ada transisi digital, kita nggak boleh menolak kita harus adaptasi dengan digital. Digital ini sangat inovatif jadi kita yang hidup pada era ini, harus selalu berkreasi inovatif," ujarnya. 

"Saya kira di Melayu ini budayanya bagus, sangat banyak yang bisa digali budayanya, dan banyak sekali peminat budaya, kenapa kita nggak konsentrasi juga kesana. Saya baca ada temuan kerajaan-kerajaan, kan ada situsnya juga disini, itu bisa kita promosikan buat daerah, digerakkan semua potensi yang ada di daerah ini," ungkapnya. (dev)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar