Telah sesuai Roadmap Integrasi

Dana Sharing Kesehatan di Riau 50 : 50

Di Baca : 1622 Kali
Menteri Kesehatan Prof Dr Nila Moeloek (dua dari kanan) menghadiri acara Kolaborasi Provinsi dengan Kabupaten/Kota dalam Menuju Cakupan Pelayanan Kesehatan Semesta Guna Mewujudkan Riau Bersatu (Berdaya Saing, Sejahtera, Bermartabat dan Unggul) di Provinsi

Pekanbaru, Detak Indonesia--Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) H Edy Natar Nasuition SIP menyampaikan bahwa Budget Sharing Provinsi dengan Kabupaten/Kota di Riau untuk kesehatan telah sesuai Roadmap Integrasi yaitu, 50:50.

Hal ini disampaikan oleh Wagubri pada pidato sambutannya pada saat membuka Acara Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Riau Senin pagi (25/3/2019) di Labersa Grand Hotel & Convention di Jalan Labersa Tanah Merah Siak Hulu Kampar, Riau.

Selanjutnya Wagubri menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Menkes RI atas bantuan sarana prasarana kesehatan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) baik fisik maupun non fisik.

Selain itu Wagubri juga menyampaikan bahwa Universal Health Coverage ( Cakupan Pelayanan Kesehatan Semesta) di Provinsi Riau sudah mencapai 72 persen (4,4 juta jiwa), yang belum sekitar 28 persen (1,7 Juta jiwa). Integrasi Jaminan Kesehatan Nasional (KIS)/Kartu Indonesia Sehat (KIS) ini telah dilakukan secara bertahap. 

Lebih jauh Wagubri menyampaikan bahwa integrasi Jamkesda ke JKN/KIS, Penerima Bantuan Iuran (PBI/JKN) telah mencapai 62 persen (1,4 juta jiwa) melalui APBN. Sedangkan PBI daerah yang telah didaftarkan dalam JKN/KIS sebanyak 23 persen (511.040) melalui budget sharing daerah (provinsi dengan kab/kota) dengan proporsi 50: 50. Yang belum terintegrasi ke JKN/KIS sebanyak 15 persen masih menggunakan Jamkesda.

Rakerkesda Provinsi Riau tahun 2019 ini mengusung tema Kolaborasi Provinsi dengan Kabupaten/Kota dalam Menuju Cakupan Pelayanan Kesehatan Semesta Guna Mewujudkan Riau Bersatu (Berdaya Saing, Sejahtera, Bermartabat dan Unggul) yang merupakan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Riau.

Hadir dalam Rakerkesda ini seluruh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se Provinsi Riau, Direktur RSUD Kab/Kota serta institusi vertikal, pendidikan kesehatan serta organisasi profesi kesehatan.(*/di/rls)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar