Loading...
ACARA BESAR UMAT BUDDHA INDONESIA

Riau Kandidat Tuan Rumah STG XVIII 2020

Di Baca : 302 Kali
Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama (Kemenag) RI, Caliadi.

Pekanbaru, Detak Indonesia--Riau termasuk salah satu kandidat provinsi yang bakal jadi tuan rumah acara besar keagamaan umat Buddha Indonesia Swayamvara Tripitaka Gatha (STG) XVIII pada 2020, yaitu semacam acara MTQ bagi umat Islam. Sebenarnya ada beberapa provinsi lainnya yang juga berminat jadi tuan rumah seperti Palembang Sumsel, Bali, dan Surabaya Jawa Timur.

Hal ini dikatakan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama (Kemenag) RI, Caliadi kepada wartawan usai menghadiri acara pelantikan Pengurus Daerah Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) Provinsi Riau masa bakti 2019-2023 di Pekanbaru, Sabtu (6/4/2019).

Menurut Dirjen Bimas Buddha Kemenag RI Caliadi, acara nasional keagamaan umat Buddha ini rencananya dibuka resmi oleh Presiden RI dan memperebutkan Piala Presiden. Gambaran Riau bakal jadi tuan rumah tergantung dukungan anggaran dari Pemprov Riau bisa mensupport anggaran karena banyak juga provinsi lain yang minta juga jadi ruan rumah seperti Sulawesi Tenggara bahkan Wakil Gubernurnya sudah mengatakan sedia, juga Provinsi Maluku.

"Tapi kami belum memutuskan. Kami masih menjajaki karena dari aspek transportasinya karena yang diundang ini dari seluruh Indonesia dan pesertanya kurang lebih 5.000-an. Makanya dibutuhkan aspek transportasinya dan kesiapan Pemdanya," kata Caliadi.

Riau belum pernah jadi tuan rumah STG, Surabaya sudah pernah. Balikpapan sudah pernah, Jawa Tengah sudah berkali-kali. Aspek masyarakat di Riau sangat kondusif sangat mendukung keberagaman suku dan agama maka Riau sangat berpotensi Riau jadi tempat pelaksanaan STG tahun 2020 mendatang. 

"Mudah-mudahan Riau bisa jadi tuan rumah pelaksanaan STG XVIII tahun 2020. Untuk pelaksanaan STG itu dibutuhkan dana sekitar Rp500 juta," jelas Caliadi.(azf)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar