Loading...
Harga Ayam Potong Bergerak Naik

Selama Ramadan dan Idul Fitri Pasokan Sembako Aman

Di Baca : 277 Kali
Tim Satgas Pangan Provinsi Riau melancarkan operasi pasar di Kota Pekanbaru Jumat dinihari (10/5/2019). (Foto Istimewa)

Pekanbaru, Detak Indonesia--Selama bulan suci Ramadhan 1440 H, kebutuhan bahan pokok di Kota Pekanbaru dipastikan aman, hingga Hari Raya Idul Fitri 1440 H harga masih aman. Satgas Pangan dari Subdit I Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, memastikan itu dari hasil sidak ke pasar induk terminal AKAP, Jumat (10/5/2019) dini hari. 

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau Kombes Gidion Arif Setyawan, kepada wartawan mengatakan fluktuasi harga sembako di pasaran merupakan prioritasnya saat bulan puasa hingga jelang Idul Fitri. 

Menurutnya, selain itu ketersediaan bahan pokok aman juga mencukupi kebutuhan masyarakat. Kata dia, harga sembako juga terpantau relatif stabil dari potensi mengatasi kelonjakannya. 

"Kita ingin mengecek dan memastikan stabilitas dan ketersediaan bahan pokok di pasaran. Hasil pengecekannya di mana harga kebutuhan pokok masih relatif normal. Aspek ketersediaannya juga memadai di Pasar Induk ini. Kita prediksi, ketersediannya pun sangat cukup untuk Idul Fitri 1440 H nanti," ujar Gidion. 

Selain itu, untuk bawang putih, harga di Pasar Induk dibanderol rata-rata Rp39.000 hingga Rp40.000. Ini jauh mengalami penurunan bila dibanding beberapa waktu lalu, di mana sempat mencapai Rp43.000 hingga Rp45.000. Gidion menyebut, beberapa hari lalu, sejumlah bahan pokok sempat merangkak naik di pasar eceran, namun kini sudah kembali normal. 

"Sudah turun harganya dan ada perbaikan. Sejak kemarin harga beberapa kebutuhan pokok mulai turun lagi, termasuk bawang putih," kata Gidion yang didampingi Kasubdit I AKBP Asep Iskandar.

Lebih lanjut, untuk bahan pokok lainnya, seperti bawang merah hingga cabai kata Gidion untuk harga cabai masih dalam batas normal atau toleransi hingga stoknya juga sudah membaik. 

Pasar Induk di kawasan belakang terminal AKAP Kota Pekanbaru ini merupakan pasar sentral penyaluran sembako. Bahan pokok di sini, kemudian dijual ke pasar-pasar lainnya khusus dalam Pekanbaru.

Dari pantauan, Satgas Pangan Polda Riau yang diketuai Direktorat Reskrumsus Polda Riau bersama dengan pihak pemerintah Provinsi Riau, dalam hal ini Disperindag hingga Bulog memastikan dengan sidak langsung ke lapangan. 

Sementara pantauan di lapangan harga ayam potong mengalami kenaikan cukup signifikan, sebelum Ramadan harganya Rp24.000 per kg kini hari kelima Ramadan naik menjadi Rp30.000 per kg. Kondisi ini dikeluhkan ibu-ibu rumah tangga di kawasan Jalan Suka Karya Panam Tampan Pekanbaru. Gas elpiji 3 kg juga susah didapat di pangkalan dan sering cepat habis dalam sehari.(*/di)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar