Loading...
Pertama Di Indonesia

Sat PJR Ditlantas Polda Riau Pertama Di Indonesia Miliki Mesin Khusus Pembayaran E-Tilang

Di Baca : 373 Kali
Bank BRI menyambut hangat karya inovasi pelayanan Ditlantas Polda Riau melalui Kasat PJR AKBP Indra dalam meningkatkan kinerja dan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat

Laporan Adifa Detak Indonesia.

Pekanbaru, Detakindonesia.co.id -- Rabu 28 Agustus 2019. Sat PJR Polda Riau bersama Bank BRI Kota Pekanbaru hari ini melakukan kegiatan sosialisasi kepada seluruh personel Sat PJR Polda Riau. Sosialisasi tersebut berupa mesin terbaru yang dikususkan oleh pihak Bank BRI sebagai alat pembayaran denda E-Tilang.

Mesin khusus pembayaran E-Tilang tersebut salah satu bentuk bukti kesuksesan Dirlantas Polda Riau melalui Kasat PJR Polda Riau AKBP Indra dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat yang telah melakukan pelanggaran lalulintas, baik itu kendaraan angkutan, pribadi maupun sepeda motor. 

Kasat PJR Ditlantas Polda Riau AKBP Indra paparkan inovasi peningkatan pelayanan terhadap masyarakat kepada awak media.

Hadirnya mesin pembayaran E-Tilang yang diluncurkan Bank BRI tersebut atas dasar banyaknya keluhan masyarakat, setelah dilakukan survei di beberapa titik keramaian yang dilakukan secara langsung oleh Ditlantas Polda Riau melalui Sat PJR Polda Riau kepada masyarakat yang ada di Kota Pekanbaru. 

Guna mengatasi kekecewaan masyarakat dalam membayar denda pelanggaran. Ditlantas Polda Riau melalui Kasat PJR Polda Riau AKBP Indra akhirnya berhasil menemukan solusi dan melakukan trobosan inovasi baru yang bekerjasama dengan pihak Bank BRI guna memenuhi harapan masyarakat dalam peningkatan kualitas layanan pembayaran E-Tilang secara cepat.

AKBP Indra dampingi Debby ROP BRI Kota Pekanbaru saat memberikan sosialisasi penggunaan alat pembayaran denda E-Tilang.

"Mesin terbaru yang dikhususkan untuk para pelanggar lalulintas tersebut merupakan inovasi kita, itu kita lakukan berkat adanya laporan masyarakat yang banyak sekali mengeluhkan atas ketidakpahamannya terhadap pembayaran denda E-Tilang" ucap Kasat PJR Ditlantas Polda Riau. 

Melalui berbagai tahapan yang telah dilakukan Kasat PJR Polda Riau. Pihak Bank BRI Kota Pekanbaru akhirnya mampu menjawab keinginan masyarakat, melalui Regional Officer BRI Pekanbaru Debby Octiamy hari ini resmi mensosialisasikan langsung alat mesin pembayaran E-Tilang tersebut.

Salah satu pegawai Bank BRI menjelaskan kelebihan teknologi dari alat khusus pembayaran E-Tilang kepada seluruh personel Sat PJR Ditlantas Polda Riau.

Dari pantauan awak media di lokasi kegiatan, seluruh personel Sat PJR Ditlantas Polda Riau begitu antusias mengikuti kegiatan sosialisasi mesin pembayaran E-Tilang tersebut. Mesin E-Tilang dinamakan mesin EDC (Elektronik Data Capture) alat tersebut mampu memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang ingin melakukan pembayaran denda E-Tilang. 

Bahkan, pihak Bank BRI bersama Ditlantas Polda Riau melalui Sat PJR akan segera melakukan sosialisasi lanjutan, dan akan melakukan lounching secara resmi, untuk  sementara waktu pihak Bank BRI akan segera menyerahkan empat unit alat mesin pembayaran E-Tilang atau EDC guna uji coba, bilamana alat tersebut berhasil memuaskan masyarakat, Sat PJR Ditlantas Polda dan Bank BRI akan segera memperbanyak alat tersebut. 

Alat pembayaran denda E-Tilang tersebut langsung diserahkan kepada Sat PJR Ditlantas Polda Riau sebanyak empat unit guna Test awal teknologi alat pembayaran.

"Kelebihan dari mesin pembayaran E-Tilang atau EDC BRI ini akan membantu para pengendara dan personel saat bertugas dilapangan. Selain mampu melayani masyarakat secara cepat, masyarakat lebih mudah memahami cara penggunaan alat pembayaran EDC BRI, bahkan tidak perlu menunggu lama. Kenapa demikian, EDC BRI telah dilengkapi fitur khusus pembayaran denda pelanggaran lalulintas" ucap Debby. 

Saat sosialisasi dan simulasi pambayaran E-Tilang yang dilakukan pihak Bank BRI di Mako Sat PJR Polda Riau dengan menggunakan mesin EDC BRI, alat tersebut secara cepat merespon dan sukses saat melakukan transaksi pembayaran E-Tilang, simulasi pembayaran cepat E-Tilang tersebut dipercayakan langsung kapada salah satu personel Sat PJR Polda Riau dan disaksikan langsung AKBP Indra Kasat PJR Ditlantas Polda Riau.

Debby juga menambahkan. "Kami pihak Bank BRI sangat berterimakasih kepada pihak Sat PJR Ditlantas Polda Riau yang telah memberikan kepercayaan kerjasamanya dalam peningkatan pelayanan terhadap masyarakat dalam melakukan pembayaran E-Tilang melalui mesin EDC BRI ini" tuturnya. 

"Mesin pembayaran ini pertama sekali ada di Sat PJR Ditlantas Polda Riau, hadirnya mesin pembayaran ini merupakan gagasan Ditlantas Polda Riau melalui Kasat PJR yang berkeinginan kuat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Khusus mesin ini kita disain se simpel mungkin, agar mudah digunakan, bahkan alat pembayaran E-Tilang ini juga bisa digunakan untuk ATM selain Bank BRI" imbuhnya. 

Para pelanggar lalulintas yang ingin membayar denda sesuai kesalahan yang dilanggar, bilamana ingin melakukan transaksi bayar secara langsung di lokasi, alat EDC BRI tersebut akan slalu ada di lokasi kegiatan, saat masyarakat menggunakan, menu di EDC BRI sangat praktis serta muda digunakan.

"Kami Pihak Bank BRI akan terus mensosialisasikan alat ini, bilamana alat ini sukses kita akan perbanyak dan akan tersedia di setiap Pos. Nah tentunya ini merupakan inovasi Sat PJR Ditlantas Polda Riau jelas telah memberikan solusi peningkatan layanan terhadap masyarakat dalam menangani harapan masyarakat selama ini, yang jelas, setelah pembayaran petugas dilapangan akan memberikan kembali surat kendaraan yang telah selesai melakukan pembayaran denda" jelas Debby ROP BRI Kota Pekanbaru itu.

Inovasi peningkatan pelayanan terhadap para pelanggar lalulintas tersebut pertama kali ada hanya di Ditlantas Polda Riau. Sejak awal kegiatan yang dimulai sekira pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB berjalan sukses tertib dan lancar. (Lipsus)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar