Loading...
UNTUK TINGKATKAN LAYANAN DIGITALISASI KEPADA PELANGGAN

Toyota Astra Motor Hadirkan Aplikasi Digital Terbaru mToyota

Di Baca : 723 Kali
Aplikasi Digital Terbaru Toyota untuk Konsumen—Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Yoshihiro Nakata (tengah) bersama Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto (kedua kanan), jajaran Direktur TAM Anton Jimmi Suwandy (kedua kiri), Kazunori Minamide (kanan) dan  Darmawan Widjaja (kiri) pada acara peluncuran aplikasi digital  terbaru mToyota, di Jakarta, Kamis (5/12/2019). Kehadiran mToyota sebagai mobile apps terbaru merupakan komitmen Toyota meningkatkan kapabilitas digitalisasi untuk kemudahan pelanggan dalam mengakses berbagai informasi terkait produk, teknologi dan layanan Toyota sejalan upaya meningkatkan engagement dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan sesuai dengan perkembangan teknologi digital saat ini.

Jakarta, Detak Indonesia--Untuk memberikan warna baru dalam dunia digital, mulai 5 Desember 2019, Toyota-Astra Motor secara resmi memperkenalkan Mobile Apps bernama mTOYOTA guna meningkatkan kapabilitas digitalisasi demi kemudahan akses bagi pelanggan.

mTOYOTA hadir untuk semakin melengkapi platform digital Toyota yang sudah ada sebelumnya seperti official website, berbagai akun sosial media, digital press room, hingga chatbot Toyota virtual assistant TARRA.

Seperti diketahui, dalam 10—15 tahun terakhir telah terjadi pertumbuhan tren penggunaan internet yang didorong oleh perkembangan teknologi digital. Kondisi ini berdampak pada perubahaan karakter konsumen dalam mendapatkan informasi tentang produk yang akan dibeli, maupun layanan yang dibutuhkannya.

Sebelumnya, konsumen cenderung mencari informasi secara offline. Namun, saat ini dengan tingginya penetrasi internet, tren teknologi pun bergeser pada Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), dan e-commerce yang membutuhkan personalisasi lebih dan one stop digital experience yang menciptakan interkonektivitas.

Toyota pun menyadari perkembangan tren tersebut dengan menghadirkan berbagai layanan komunikasi digital, sehingga dapat memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mengakses berbagai hal tentang Toyota.

Digital approach pertama kali dilakukan melalui situs resmi Toyota Indonesia (www.toyota.astra.co.id). Toyota Indonesia juga hadir melalui berbagai  platform seperti Youtube ToyotaIndonesia, Facebook ToyotaID, Twitter account @ToyotaID, serta Instagram @toyotaID, dan Digital Pressroom khusus untuk memenuhi kebutuhan rekan-rekan media akan informasi tentang Toyota.

Pada 2019, juga telah diperkenalkan Toyota Interactive Virtual Assistant “TARRA”. Platform berbasis chatting ini merupakan langkah transformasi digital dalam menjawab kebutuhan pelanggan secara lebih cepat, efektif, dan efisien, karena TARRA mampu merespon secara real time dan personalized, selama 24 jam 7 hari.

“Untuk dapat mengikuti tren perkembangan dunia digital dan di tengah kompetisi yang semakin ketat, maka perlu adanya digital approach baru untuk meningkatkan engagement dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan melalui kemudahan akses,” ujar Yoshihiro Nakata, President Director PT Toyota-Astra Motor, pada acara peluncuran mTOYOTA.

“mTOYOTA hadir untuk semakin melengkapi platform digital Toyota yang sudah ada sebelumnya. Kami berharap, mTOYOTA dapat semakin meningkatkan pelayanan Toyota kepada pelanggan, secara digital,” kata Kazunori Minamide, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, dalam kesempatan yang sama.

Tentang mTOYOTA

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, menyebutkan bahwa mTOYOTA memiliki fitur-fitur yang memenuhi seluruh kebutuhan pelanggan mulai dari proses search/pencarian, purchase/pembelian, hingga own/kepemilikan.

“mTOYOTA memiliki tiga aspek keunggulan, di mana platform digital ini mengutamakan personalization, one stop service, dan engagement,” kata Anton.

Dari aspek Personalization, fitur unggulan yang ada adalah:

Ø  Single Sign On

Di mana customer dapat login dengan menggunakan 3 akses yaitu akun Facebook, Google, maupun email.

Ø  Customer & Vehicle Profile

Pada fitur ini, customer dapat mengisi data diri mereka dan VIN kendaraan Toyota yang dimiliki yang akan menjadi personalized profil pada mTOYOTA

Ø  Favorite Feature Customization

Penggunaan dipermudah dengan adanya fasilitas untuk memilih fitur favorit yang paling sering digunakan oleh customer.

Ø  Panic Button

Umumnya, panic button hanya menyediakan 1 nomor emergency, namun pada mTOYOTA, customer dapat menambahkan dua nomor keluarga atau kerabat yang bisa dijadikan emergency number.

Ø  Owner’s Manual

Owner’s manual berdasarkan 
data kendaraan Toyota yang diinput akan dengan mudah diakses melalui apps.

Ø  Reminder by input VIN

Fitur ini dapat membantu mengingatkan kita pada saat masa berlaku SIM ataupun STNK akan berakhir.

Aspek keunggulan berikutnya adalah One Stop Service, di mana fitur unggulannya adalah:

Ø  Trade In

Fitur ini memberikan kemudahan bagi customer yang ingin mendapatkan informasi dan melakukan trade in (tukar tambah kendaraan Toyota).

Ø  Credit Simulation

Fitur ini membantu customer untuk melakukan simulasi perhitungan yang ditawarkan oleh Toyota.

Dan aspek keunggulan terakhir adalah Engagement, di mana fitur unggulannya adalah:

Ø  Fun

Fitur interaktif yang disediakan untuk pengguna mTOYOTA, misalnya personality quiz.

Ø  Community

Dalam fitur ini akan mencantumkan semua daftar komunitas Toyota beserta info tentang mereka dan jadwal event  yang akan diselenggarakan. Selain informasi event, customer yang berminat, dapat pula mendaftarkan dirinya pada event tersebut secara online dan akan diberi reminder pada H-7, H-3 dan H-1.

Terdapat juga fitur Check In yang berfungsi untuk melakukan scan QR Code pengguna yang dapat digunakan sebagai bukti hadir, saat customer menghadiri event-event komunitas tersebut.

Melalui data yang diisi oleh customer diharapkan Toyota dapat semakin memahami kebutuhan customer sehingga dapat terus meningkatkan layanan dan kepuasan pelanggan.

Ø  Toyota Interactive Virtual Assistant “TARRA”

Chatbot “TARRA” juga ada dalam mTOYOTA, diperuntukkan bagi teman-teman yang ingin mendapat info Toyota dengan cepat 24/7 melalui chatting.

Ø  Customer Care

Fitur ini memungkinkan, masukan dari customer akan langsung di-handle oleh dealer ke customer.(*/di/adifa)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar