Loading...
DATA BPS RIAU TENTANG KESEJAHTERAAN PETANI

Aceh Terendah, Riau Tertinggi Nilai Tukar Petani

Di Baca : 478 Kali
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Misfaruddin.

Pekanbaru, Detak Indonesia--Pada Januari 2020, dari 10 Provinsi di Pulau Sumatera, ada 8 provinsi yang mengalami kenaikan Nilai Tukar Petani (NTP) dan 2 provinsi yang lainnya mengalami penurunan NTP. Kenaikan NTP tertinggi terjadi di Provinsi Riau yaitu sebesar 5,59 persen, sebaliknya NTP Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD) turun  terbesar yaitu -0,97 persen.

Petani di sektor perkebunan di Riau terutama petani sawit menikmati naiknya harga sawit yang maknanya kesejahteraan petani sawit Riau meningkat dibandingkan sebelumnya. Sementara petani NAD turun.

Demikian dipaparkan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau Misfaruddin dalam jumpa pers di Kantor BPS Riau Jalan Pattimura Pekanbaru Senin (3/2/2020).

Menurut Misfaruddin Nilai Tukar Petani (NTP) adalah perbandingan indeks harga yang diterima petani (It) terhadap indeks harga yang dibayar petani (Ib).

NTP merupakan salah satu indikator untuk melihat tingkat 
kemampuan/daya beli petani di perdesaan. NTP juga menunjukkan 
daya tukar (terms of trade) dari produk pertanian dengan barang dan jasa yang dikonsumsi maupun untuk biaya produksi. Semakin 
tinggi NTP, secara relatif semakin kuat pula tingkat kemampuan/daya beli petani.

NTP Provinsi Riau Januari 2020 sebesar 123,93 atau naik sebesar 6,30 persen dibanding NTP Desember 2020 sebesar 117,37. 
Kenaikan NTP ini disebabkan oleh indeks harga yang diterima petani mengalami kenaikan sebesar 6,38 persen relatif lebih tinggi dibandingkan kenaikan indeks harga yang dibayar petani yaitu 0,75 persen.

Dibandingkan NTP provinsi lainnya yang ada di Pulau Sumatera, 
Riau menduduki peringkat ke-1.

Pada Januari 2020, terjadi inflasi perdesaan di Provinsi Riau sebesar 1,00 persen, dengan kenaikan indeks tertinggi terjadi pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau.

Nilai Tukar Usaha Rumah Tangga Pertanian (NTUP) Provinsi Riau mengalami kenaikan sebesar 6,30 persen, yaitu dari 118,88 pada Desember 2019 menjadi 126,37 pada Januari 2020.(*/rls/di)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar