Petugas sedang melaksanakan perawatan di salah satu sentra pembibitan sawit PTPN V. Ribuan petan

Petani Sawit Apresiasi Bibit Sawit Unggul Bersertifikat PTPN V

Di Baca : 1945 Kali
Petugas sedang melaksanakan perawatan di salah satu sentra pembibitan sawit PTPN V. Ribuan petani sawit Provinsi Riau terbantu dengan program penyediaan bibit sawit unggul yang digulirkan anak Perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III Persero tersebut. (Dok. Humas PTPN V)

Pekanbaru, Detak Indonesia--Sejak diluncurkan pada 2020 silam, program bibit sawit unggul bersertifikat yang diusung PT Perkebunan Nusantara V mendapat respon positif dari ribuan petani.

Tiga tahun berjalan, tercatat sebanyak 1,5 juta bibit sawit unggul bersertifikat PTPN V telah diserap lebih dari 5.100 petani swadaya. Program penyediaan bibit sawit unggul yang mendapat apresiasi khusus Menteri BUMN Erick Thohir tersebut membantu petani yang tengah melaksanakan peremajaan sawit di lahan seluas 11.000 hektare dalam tiga tahun.

Para petani generasi awal yang menyerap bibit sawit unggul bersertifikat PTPN V kini mulai merasakan manfaat dari program tersebut.

Rustam Efendi, salah seorang petani sawit asal Kabupaten Kuantan Singingi mengatakan kebijakan penyediaan bibit sawit unggul bersertifikat tersebut sangat membantu petani swadaya seperti dirinya.

"Saya membeli 1.000 bibit sawit unggul PTPN V untuk peremajaan 8 hektare kebun sawit saya di tahun 2021. Saat itu saya dapat rekomendasi dari teman sesama petani yang telah membeli terlebih dahulu," kata Rustam Efendi di Kuantan Singingi, Kamis (19/10/2023).






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar