DUA RUMAH RUBUH DI JAYAPURA, DUA WARGA MENINGGAL

Awas Dampak La Nina Oktober Ini ! Dapat Picu Curah Hujan Lebih Tinggi

Di Baca : 3455 Kali
Dua rumah warga rubuh di Jayapura Provinsi Papua akibat disapu hujan deras dan angin kencang, Rabu malam (30/9/2020). (Foto Humas BNPB)

Jakarta, Detak Indonesia – Fenomena La Lina dapat berdampak pada anomali cuaca yang berujung pada bencana hidrometeorologi. Namun dampak tersebut sangat bergantung pada musim dan bulan, wilayah serta intensitasnya.

Menurut Dr Raditya Jati, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Kamis tadi (1/10/2020), bahwa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa berdasarkan analisis dari potret data suhu permukaan laut di Pasifik, saat ini La Lina sudah teraktivasi di Pasifik Timur. Kondisi ini dapat memicu frekuensi dan curah hujan wilayah Indonesia pada bulan-bulan ke depan hingga April tahun depan jauh lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. 

Menurut Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG Supari bahwa dampak La Lina dapat memicu curah hujan yang jauh lebih tinggi dibandingkan kondisi normal sehingga potensi banjir, banjir bandang dan tanah longsor ke depan perlu diwaspadai.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar