Sinerji dengan Aptari

Luar Biasa, DPP APPI Tancap Gas Tanam Aren di Riau

Di Baca : 274 Kali

Pekanbaru, Detak Indonesia--Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Aliansi Pewarta Pertanian Indonesia berencana akan mengembangkan perkebunan aren di Riau. Rencana ini digagas setelah berdiskusi dengan praktisi Aren Riau Jon Erlis dan Ketua Umum Asosiasi Petani Aren Indonesia, Rusli Ahmad, beberapa waktu lalu, di Agrowisata RA Kopi Aren, Palas, Rumbai,  Kota Pekanbaru.

Menurut Sekretaris Umum DPP APPI Satria Utama, dari diskusi tersebut pihaknya mendapat banyak masukan tentang besarnya potensi perkebunan Aren di Riau. Tidak hanya dari sisi ekonomis, tanaman Aren juga memiliki dampak positif terhadap ekologis.

"Dari yang dipaparkan Jon Erlis kita dapat melihat betapa tanaman aren ini sangat bernilai ekokomis. Airnya dapat menjadi nira, buahnya jadi kolang-kaling, ijuknya juga dapat dimanfaatkan untuk gazebo, atap bangunan resort wisata, sapu dan lain-lain. Ditambah lagi pohon aren mampu menyimpan air yang sangat banyak di bagian akarnya sehingga sangat baik bagi lingkungan," jelas Satria, Rabu (18/11/2020).



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar