DI KABUPATEN KARO SUMUT

Petani Mengeluh, Tiga Tahun Lamanya Tak Pernah Dapat Pupuk Subsidi

Di Baca : 207 Kali
Elias Sujianto Sembiring, warga Mardingding mengatakan sudah tiga tahun petani tidak pernah mendapat pupuk bersubsidi. (Saritua Manalu/Detak Indonesia.co.id)

Mardingding, Detak Indonesia--Warga Desa Mardingding, Kecamatan Mardingding, Kabupaten Karo, Sumatera Utara mengeluhkan kinerja Dinas Pertanian Kabupaten Karo, karena sudah tiga tahun lamanya petani di desa ini tidak mendapatkan pupuk bersubsidi dari pemerintah.

Hal ini diungkap Elias Sujianto Sembiring (44).Dikatakannya lagi, masyarakat disini hampir 90 petani palawija, petani palawija ini adalah produktivitas menunjang ketahanan pangan di negeri Indonesia, maka masyarakat tani ini sangat membutuhkan pupuk bersubsidi, seperti pupuk urea, TSP, ZA, NPK, dan pupuk organik. 

Menurut Sujianto Sembiring, program pupuk bersubsidi dari pemerintah ini, lebih bagus dibubarkan saja karena ada dugaan permainan antara pemilik (UD) Usaha Dagang dan Kelompok Tani, mengakibatkan petani palawija di desa ini tidak mendapatkan pupuk bersubsidi lagi. Misalnya di Desa Kinangkong, Kecamatan Mardingding harga pupuk bersubsidi Rp145. 000/sak ada juga Rp 210.000.

Menurut Kepala Seksi Dinas Pertanian Kabupaten Karo, Rosta br Perangin-angin, saat dijumpai di kantornya sampai bulan Mei 2021 pupuk bersubsidi sudah tersalurkan 50 persen ke masyarakat Karo. (stm)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar