Kota Wisata Berastagi Ditutupi Abu Vulkanik

Gunung Sinabung Kembali Erupsi

Di Baca : 400 Kali
Gunung Sinabung menyemburkan abu vulkanik, menutupi Kota Wisata Berastagi Rabu (28/7/2021). (Saritua Manalu/Detak Indonesia.co.id)

Kabanjahe, Detak Indonesia--Gunung Sinabung kembali erupsi Rabu (28/7/2021) pukul 13.15 abu Vulkanik menutupi kota Wisata Berastagi  sekitarnya begitu juga dengan perladangan masyarakat sehingga membuat warga penani sayur mayur merugi.

Di tengah meningkatnya paparan Pandemi Covid-19 di Kabupaten Karo diberlakukan PPKM, siang ini terjadi erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo Sumatera Utara, dengan tinggi kolom abu teramati ± 4.500 m di atas puncak (± 6.960 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan selatan.

Hal ini disampaikan kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Desa Ndokum Sitoga Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo, Atmen Putra, bahwa erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi ± 12 menit 22 detik.

Erupsi diikuti awan panas ke arah timur 1.000 meter dan 1.000 m ke arah tenggara.

Saat ini Gunung Sinabung berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi:
1. Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak G. Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

2. Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.
3. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di G. Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar. (Stm)



[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar