BERSAMA SISWA-SISWI

Ivo Mas Tunggal Kembali Tanam berbagai Bibit Pohon Hutan di Areal DAS

Di Baca : 1003 Kali

Kandis, Detak Indonesia--Yayasan Buddha Tzu Chi Cabang Sinarmas bekerjasama dengan perkebunan sawit PT Ivomas Tunggal Region Siak Riau, sesuai dengan program rehabilitasi tanaman di areal konservasi yang ada pada lingkungan perkebunan sawit PT Ivo Mas Tunggal Region Siak yang berdomisili di Kecamatan Kandis melakukan penanaman berbagai jenis bibit pohon hutan sebanyak 2.000 pokok pada Sabtu (18/9/2021).

Penanaman dengan berbagai jenis bibit pohon hutan sebanyak 2.000 pokok dilakukan di areal Daerah Aliran Sungai Bekalar yang terletak di kebun Kandista Estate Kampung Belutu Kecamatan Kandis Kabupaten Siak, Riau pada penanaman bibit pohon tersebut mengikutsertakan pihak sekolah yang terdiri dari siswa siswi tingkat SMPN yang ada di Kecamatan Kandis.

Menurut Ketua Panitia Rehabilitasi Tanaman di Areal Konservasi perkebunan sawit PT Ivo Mas Tunggal selaku manager kebun Kandista Estate Whendi menjelaskan, bahwa pihaknya telah melakukan kegiatan penanaman bibit pohon hutan sebanyak 2.000 pokok dan bibit pohon yang ditanamkan adalah bibit pohon mahoni, akasia, pohon gelam dan bibit pohon lophostemon.

"Hari ini kami telah melakukan kegiatan yaitu menanamkan berbagai jenis bibit pohon hutan di areal DAS tepatnya di Sungai Bekalar yang terletak di kebun Kandista Estate Kampung Belutu Kacamatan Kandis Kabupaten Siak, Riau telah selesai ditanami serta berjalan dengan baik," kata Whendi.

"Kegiatan ini lagi sekaligus untuk mengajarkan secara langsung kepada sejumlah siswa dan siswi tingkat menengah dengan artian bagaimana cara menanam pohon dengan benar sekaligus memberikan pemahaman bahwa melestarikan lingkungan dapat dilakukan secara langsung menanam tanaman di areal hutan konservasi dan tidak hanya di buku saja namun secara langsung menanam tanaman hutan di areal konservasi serta mengenal segala jenis pohon kayu hutan," jelasnya.

Pada kesempatan itu VPA Vine Presdent Agronomy, Septianus Harianja juga menambahkan, tentang penanaman pohon ini sudah menjadi program perkebunan PT Ivo Mas Tunggal Region Siak yang akan dilakukan secara berkelanjutan dan untuk pelestarian lingkungan juga melibatkan pihak sekolah tingkat SMP dan saat ini memasuki masa pandemi covid-19 maka pihaknya membatasi jumlah siswa-siswi untuk mengikuti kegiatan ini.

"Mengapa melibatkan pihak sekolah ? Tujuannya adalah agar para anak didik atau siswa/siswi tersebut dapat memahami, bahwa begitu pentingnya menanam pohon untuk keseimbangan alam dan bisa terjaga serta menciptakan lingkungan menjadi yang lebih baik, flora dan fauna menjadi terjaga untuk kelangsungannya," sebutnya.

"Kegiatan ini juga bisa menanamkan rasa kepedulian kepada generasi muda karena betapa pentingnya menjaga keseimbangan alam untuk masa depan anak cucu ke depannya semoga bibit pohon yang telah selesai ditanam pada hari ini dapat tumbuh dengan subur dan baik," tutup VPA Septianus Harianja.

Penanaman berbagai jenis bibit pohon kayu hutan sebanyak 2.000 pokok di areal daerah aliran Sungai Bekalar kebun Kandista Estate dihadiri oleh VPA Septianus Harianja, Manager dan Staff Karyawan pekebunan PT Ivo Mas Tunggal, Ibu-ibu Dharma Wanita Tzu Chi Xieli Siak dan siswa-siswi dari pihak sekolah tingkat SMPN Kandis. (jai)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar