usia panen sawit tergolong sangat cepat yakni 28 bulan

Bahagia Ratusan Petani Mitra PTPN V Pasca Panen Perdana Program PSR

Di Baca : 900 Kali
Para petani sawit mitra PTPN V, KUD Makarti Jaya yang tersenyum bahagia melihat tumpukan TBS dari tanaman muda hasil program peremajaan sawit rakyat PTPN.

Pekanbaru, Detak Indonesia -- Hamparan 697 hektare tanaman perkebunan sawit muda yang berada di Desa Kumain, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau tumbuh subur. Meski belum genap berusia 36 bulan, tanaman muda perkebunan sawit di bawah naungan KUD Makarti Jaya tersebut mampu menghasilkan hingga enam ribu ton tandan buah segar (TBS).  

Alhasil, pundi-pundi cuan kelompok tani yang beranggotakan 366 petani tersebut pun kian tebal. Ketua KUD Makarti Jaya, Tujimin mengatakan hasil panen yang tersimpan di dalam rekening mencapai Rp6 miliar. 

"Alhamdulillah, tanaman kami yang baru diremajakan tiga tahun lalu memberikan hasil luar biasa. Hasil penjualan TBSnya saat ini di saldo rekening Bank Riau Kepri Syariah Ujung Batu tercatat hampir Rp6 miliar," kata pria yang akrab disapa Pak De Tujimin tersebut di Pekanbaru, Kamis (15/12/2022). 

Tujimin mengisahkan bahwa para petani KUD Makarti Jaya merupakan petani yang mengikuti program transmigrasi dengan perkebunan pola inti rakyat (PIR) pada 1986 silam. Sejak saat itu, PTPN V mendapat amanah dari pemerintah untuk menjadi bapak angkat bagi ratusan petani yang berasal dari Pulau Jawa tersebut. 

Ia mengakui bahwa PTPN V memiliki pengalaman yang sangat baik dalam pengelolaan kebun sehingga kemitraan yang terjalin selama 30 tahun kembali dilanjutkan melalui keikutsertaan para petani dalam program peremajaan sawit rakyat (PSR) PTPN V.  






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar