Menuju Tempat Permandian Air Panas Alam Sibayak Raja Berneh

Ada Dugaan Pungli Mengatasnamakan Bumdes Doulu

Di Baca : 717 Kali
Rendi dan rekan-rekannya diduga dipungli saat memasuki Air Panas Alam Sibayak Raja Berneh Rp20.000/satu unit sepeda motor Rabu (29/3/2023). (Saritua Manalu/Detak Indonesia.co.id)

Doulu, Detak Indonsia--Menuju tempat permandian air panas alam sibayak Raja Berneh, Desa Semangat Gunung, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara ada dugaan pungutan liar (pungli) sebesar Rp 20.000/satu unit sepeda motor, mobil Rp10.000/orang Rabu (29/3/2023).

Lokasi dugaan pungli 10 meter jaraknya dari Simpang Desa Doulu Kuta menuju raja berneh, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo Rabu 29 Maret 2023 sekira pukul 15:00 WIB saat itu wisatawan yang naik sepeda motor diberhentikan oleh oknum pengutip dan meminta uang bayaran kalau mau masuk ke objek wisata air panas Raja Berneh dan mengatakan bahwa itu sudah kesepakatan dengan pihak Bumdes Doulu.

Pengunjung jelaskan bahwa pengutipan yang dilakukan saat ini belum resmi, saat itu rapat digelar di Gedung Kesenian Berastagi Senin 20 Maret 2023 dihadiri Kepala Desa Semangat Gunung dan Kepala Desa Doulu dan Forkopimda Kabupaten Karo 
Kapolsekta Berastagi Kompol Viktor Simanjuntak didampingi Kasatreskrim AKP Aryya Nusa Hindranawan SIK, Kasat Intelkam AKP Narno mengatakan diimbau kepada siapapun, jangan ada dulu kutipan sebelum ada kesepakatan dengan Forkopimda Kabupaten Karo.

Setelah wisatawan jelaskan mereka mempersilakan pergi, tapi mereka tetap ngotot bahwa mereka melakukan itu atas musyawarah dengan Bumdes Doulu.

Pengunjung ke alam sibayak Raja Berneh, Rendi (22) Warga Karang Beromba Kota Madya Medan, saat melintas di area lokasi tersebut pukul 15:00 WIB diduga dipungli Rp20.000/satu unit sepeda motor,
Perengki (27) Warga Jalan Darussalam Gang Tula Seikambing, Kota Madya Medan juga mengalami hal yang sama pihak oknum pengutipan liar juga mengatakan bahwa kutipan tersebut sah mengatasnamakan Bumdes Doulu.

"Kami sangat kecewa kalau itu pungli," ucapnya dengan sangat kesal. (stm)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar