Tim Jianstra Sops Mabes Polri Kunjungi Siak

Siak Sriindrapura, Detak Indonesia--Kehadiran Karo Jianstra Sops Mabes Polri Brigjen Pol Drs Adnas MSi bersama tim ke Polres Siak  jajaran Polda Riau dalam rangka kunjungan kerja tahun 2018, disambut hangat Kapolres Siak AKBP Barliansyah SIK serta empat Kapolres lainnya serta PJU Polres Siak jajaran Polda Riau. Kunjungan kerja Brigjen Pol Drs Adnas MSi meningkatkan kinerja personel Polri dalam menjalankan tugas di wilayah hukum masing masing pimpinan wilayah kerja.

Mengusung tema Dalam Rangka Pengkajian Daerah Rawan Kejahatan Konvensional, Transnasional yang Merugikan Kekayaan Negara dan yang Berimplikasi dengan Keamanan Nasional khususnya yang ada di lima wilayah kabupaten di Provinsi Riau, Rabu 21 Maret 2018.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh lima Kapolres jajaran Polda Riau. Polres Siak selaku tuan rumah yang saat di jabat AKBP Barliansyah SIK, Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan SIK, Kapolres Rohil AKBP Sigit, Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi SIK dan Kapolres Bengkalis AKBP Abas. Selain itu Kegiatan juga diikuti PJU Polres Siak serta PJU masing masing Polres yang hadir. Kegiatan berlangsung di Aula Tribrata Polres Siak sekira pukul 10.00 WIB. 

Dari pantauan liputan awak media Detak Indonesia Karo Jianstra Sops Mabes Polri Brigjen Pol Drs Adnas MSi saat memberikan rangkaian materi terhadap semua peserta, Ia menegaskan bagaimana semua personel yang bertugas di wilkum masing masing, mampu melaksakan tugas sebaik mungkin, dan mengetahui setiap kejadian di wilayah tugas, dan termasuk pemetaan kerawanan wilayah yang biasa disebut mapping (pemetaan).

"Bilamana mapping ini, sudah dikuasai setiap personel yang bertugas, tentunya tidak ada alasan tidak, mengetahui setiap kejadian di wilayah hukum tugas, dari pada itu penguasaan wilayah tugas semestinya dikuasai termasuk kultur serta bahasa daerah tugas, kemudian mengenal semua para tokoh yang berpengaruh di wilayah tugas tersebut.

"Kita tahu, angka kelahiran di setiap daerah terus mengalami peningkatan, dan angka kelahiran tersebut tidak bisa kita bendung, kemudian di setiap wilayah memiliki karakter serta tingkat kerawan berbeda beda, dan ini harus kita antisipasi secara dini, agar segala kemungkinan bisa kita atasi dengan baik," jelasnya.

Salah satu contoh, di lima wilayah kabupaten yang ada di Provinsi Riau, seperti Kabupatan Siak, Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Pelalawan serta Kabupaten Rokon Hilir, wilayah ini merupakan memiliki tingkat kerawanan yang berbeda beda, terutama di bidang karlahut. Kenapa demikian, lima wilayah ini memiliki kawasan gambut dan sangat rentan dengan karlahut, ini merupakan salah ancaman masalah Nasional, yang harus diantisipasi secara dini.

"Seperti wilayah ini, peran kita dituntuk untuk ekstra keras, agar menguasai semua lini, memiliki wilayah tugas yang sangat rentan bencana, maka saya tekankan untuk semua personel harus mampu menguasai segala lini di wilayah tugasnya, terutama di bidang infomasi bersama masyarakat tidak boleh terputus, agar informasi sekecil apapun bisa disikapi dengan baik, dan melakukan antisipasi secara cepat di setiap kejadian," pungkas Brigjen Pol Drs Adnas MSi.

Saat acara berlangsung, Kapolres Siak AKBP Barliansyah SIK menambahkan, berbagai paparan yang diberikan Karo Jianstra Sops Mabes Polri Brigjen Pol Drs Adnas Msi kepada semua peserta, selain memberikan sesi tanya jawab, kegiatan tersebut diakhiri dengab doa bersama dan dilanjutkan dengan foto bersama. 

"Kegiatan yang berlangsung kurang lebih dua jam tersebut berlangsung dengan sukses, tertib aman dan lancar," kata AKBP Barliansyah SIK.(adifa) 


Baca Juga