Harga TBS Sawit Riau Kembali Naik

PEKANBARU,Detak Indonesia - Harga tandan buah segar (TBS) CPO Riau untuk umur 10-20 tahun periode 30 Mei-5 Juni 2018 tercatat sebesar Rp1.834,90/kg atau mengalami kenaikan sebesar Rp12,67/kg dibandingkan harga seminggu sebelumnya yang tercatat sebesar Rp1.812,23/kg.

"Kenaikan harga CPO Riau ini antara lain dipicu oleh naiknya harga jual CPO dari seluruh perusahaan sumber data," kata Kepala Dinas Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau Ferry HC Ernaputra di Pekanbaru.

Menurut dia, meskipun harga jual kernel seluruh perusahaan tercatat menurun namun tidak terlalu mempengaruhi kenaikan harga TBS tersebut.

Ia mengatakan untuk harga jual CPO, dari PTPN V mengalami kenaikan sebesar Rp80,19/Kg, dari PT Sinar Mas Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp106,34/Kg, dari PT Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp104,55/Kg.

Dari PT Asian Agri Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp30,78/Kg, dari PT. Citra Riau Sarana mengalami kenaikan harga sebesar Rp96/Kg, dan dari PT Musim Mas mengalami kenaikan sebesar Rp80/Kg dari harga minggu lalu.

Sedangkan untuk harga jual kernel, dari PT Sinar Mas Group justru mengalami penurunan sebesar Rp122,28/Kg, dari PT  Astra Agro Lestari Group mengalami penurunan harga sebesar Rp63,63/Kg, Asian Agri Group mengalami penurunan sebesar Rp39,68/kg, dan PT. Citra Riau Sarana mengalami penurunan sebesar Rp38,00/Kg dari harga minggu lalu.

"Faktor eksternal dipengaruhi oleh adanya rencana peningkatan permintaan CPO dari China. China juga sudah menyampaikan rencana meningkatkan impor crude palm oil  dari Indonesia sebanyak 500.000 ton," kata Ferry mengutip Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemdag Oke Nurwan.

Bulan Ramadhan juga masih menjadi sentimen positif yang mampu menyokong harga CPO seiring dengan meningkatnya permintaan dari negara-negara Timur Tengah. Selain itu suplai produksi CPO juga sedang berkurang, produksi yang turun ditengah permintaan yang naik membuat harga CPO naik.


Baca Juga