Kunjungan Mahathir ke Indonesia

JAKARTA, Detak Indonesia - Mahathir Mohamad tidak semata tercatat dalam sejarah Malaysia, namun juga dunia sebagai pemimpin negara pejawat tertua di dunia dalam usia 92 tahun, 304 hari. Rekor itu disusul oleh Ratu Elizabeth II (92 tahun, 19 hari). Ia juga merupakan pemimpin negara tertua ke-10 sepanjang sejarah.

Pria yang lahir dan besar di Alor Setar, Kedah, itu dilantik setelah kemenangan bersejarah koalisi oposisi Pakatan Harapan yang dipimpinnya pada 9 Mei 2018. Najib Razak, calon perdana menteri dari koalisi pejawat Barisan Nasional dinyatakan kalah. Dia kemudian mengakhiri masa pemerintahan perdana menteri Malaysia keenam.

Mahathir pun dilantik sebagai Perdana Menteri pada pukul 17.00 keesokan harinya. Naiknya pria yang berprofesi sebagai dokter itu kembali ke tampuk pemerintahan menjadi sesuatu yang amat menarik diperbincangkan. Bukan semata karena usianya yang telah lanjut, namun juga menggambarkan betapa kekuatan komitmen dan pemenuhan akan nation call itu bisa mengalahkan apa saja.(DI)

 


Baca Juga